Peduli Korban Dampak Bencana Galodo, Baznas Dirikan Dapur Umum

SERAHKAN— Ketua Baznas Kota Payakumbuh Edi Kusmana saat menyerahkan dapur umum untuk bencana Galodo Tanah Datar.

KUBUGADANG, METRO–Bencana alam yang terjadi mengepung Suma­tera Barat, sejak tiga hari terakhir ini, menggugah semua pihak untuk ikut membantu baik moril mau­pun materil. Dian­taranya yang bergerak cepat Uzma Care, Baznas Kota Payakumbuh, telah menyalurkan bantuan tang­gap darurat bencana galodo melalui BPBD Kota Payakumbuh dan Tim Rescue Dinas Sosial yang datang langsung kelokasi bencana.

Rombongan Tanggap darurat Kota Payakumbuh langsung dipimpin Oleh Sekda Kota Payakumbuh  Drs. H. Rida Ananda M.Si dengan Mengendarai Se­peda Motor menuju posko Induk Bencana Galodo Tanah Datar. Tim langsung disambut oleh Sekda Tanah Datar. Kemudian menuju titik bencana di Manunggal, dan dilokasi Tim bertemu langsung dengan Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Kepala Baznas Kota Payakumbuh, Edi Kusmana yang terjun langsung kelokasi bencana menyebut, Tim melakukan asesmen kebutuhan pokok pe­nanggulangan bencana

Pemerintah Kota Pa­yakumbuh kemudian se­gera mengirimkan Alat berat dan air bersih untuk tanggap bencana.

“Kita Baznas Kota Pa­yakumbuh beserta Kepala NGO Uzma Care, Fathul Alim berkoordinasi de­ngan BPBD Kota Payakumbuh dan Tanah Datar untuk segera membuka Dapur Umum. Insha Allah besok (Senin.Red) telah meluncur Dapur Umum ke Tanah Datar untuk menyiapkan Makanan Siap saji bagi korban yang terdampak langsung,” ung­kap Edi Kusmana.

Dia juga menyebut de­ngan adanya dapur umum ini semoga dapat membantu warga yang terdampak bencana terutama untuk mendapatkan makanan. “Kami melihat langsung kondisi dilokasi bagaimana, maka kehadiran dapur umum itu sa­ngat penting untuk membantu masyarakat korban bencana mendapatkan makanan siap saji. Dan dapur umum itu sudah kita serahkan bersama Tim Tagana,” ucapnya.

Edi Kusmana menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh dan juga masya­rakat perantau minang untuk bersama-sama mem­bantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam baik yang di Kabupaten Agam, Tanah datar dan sekitarnya untuk bangkit kembali dari bencana yang menimpa mereka.

“Mari kita bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang ditimpa bencana alam. Semoga mereka cepat kembali bangkit, dan infrastruktur umum yang terkena dampak bencana juga diha­rapkan segera kembali diperbaiki,” harap Edi Kusmana. (uus)

Exit mobile version