Pj.Wali Kota Pimpin Apel Inspeksi Keselamatan LLAJ

POLIKO, METRO–Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman memimpin apel inspeksi keselamatan LLAJ atau rampcheck dan pemeriksaan kendaraan bermotor gabungan dengan pola sidang di tempat (riksa ranmor gabpolsipat) di Rest Area Medan Nan Bapaneh, Ngalau, beberapa waktu lalu. Pj Wali Kota Payakum­buh Jasman mengatakan kegiatan yang akan dilak­sa­nakan ini adalah salah satu upaya dari Pemprov Sum­bar melalui Dinas Perhubungan yang bekerja sa­ma dengan Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh dan instansi terkait lainnya untuk mewujudkan ke­ama­nan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lin­tas.

“Momen libur lebaran akan membuat peningka­tan mobilitas masyarakat yang sangat signifi­kan.Hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya per­masalahan lalu lintas seperti kemacetan, ke­celakaan ataupun pelanggaran lalu lintas,” kata Jas­man.

Pelaksanaan kegiatan melibatkan Dinas Perhu­bungan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Per­hubungan Kota Payakumbuh, Satuan Lalu Lintas Pol­res Paya­kumbuh, Hakim Pengadilan Negeri Pa­yakumbuh, Jaksa Penuntut dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Subdenpom 1/4-1 Payakumbuh, dan PT. Jasa Raharja Cabang Bukittinggi.

Oleh karena itu, sambungnya, perlu dilakukan langkah antisipatif untuk menekan terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki salah satunya dengan pelaksanaan riksa ranmor gabpolsipat dan ramp­check.  Disampaikannya kegiatan yang dilakukan juga untuk memastikan bahwa kendaraan pribadi, angkutan penumpang umum ataupun angkutan barang yang dipergunakan selama masa lebaran nanti telah memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan.

“Serta yang tak kalah pentingya adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masya­ra­kat akan pentingnya budaya tertib berlalu lintas,” ujar­nya.

Dengan meningkatkan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, kata dia, dapat mencegah ke­celakaan dan memperlancar arus lalu lintas.  “Karena memang faktanya kecelakaan lalu lintas bisa terjadi 70 persennya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia atau yang dikenal dengan istilah human error,” katanya.

Jasman berpesan agar petugas dapat melak­sa­nakan kegiatan dengan tegas dan humanis de­ngan memprioritaskan keselamatan dan keamanan ma­syarakat. Pastikan semua kendaraan yang melintas di­periksa dengan teliti dan perhatikan kelengkapan su­rat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan dan laik jalan.

Selanjutnya berikan edukasi kepada pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Berikan teguran yang tegas namun tetap sopan.  Jaga sikap dan perilaku selama bertugas serta tunjukkan sikap profesional dan berikan contoh yang baik kepada masyarakat serta hindari praktek KKN. “Jangan jaga kesehatan dan stamina selama bertugas. Pastikan Saudara dalam kondisi prima untuk melaksanakan tugas. Terakhir, selama bertugas jangan lupakan ibadah,” pungkasnya. (uus)

Exit mobile version