Banjir Rendam Lahan Pertanian dan Kolam Ikan Masyarakat

BANJIR— Intensitas hujan tinggi mengakibatkan meluapnya Batang Air Pondam, sehingga terjadi bencana banjir di Jorong Sawah Laweh, Nagari Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak Jumat (23/2) mengakibatkan meluapnya Batang Air Pondam sehingga  terjadi bencana banjir di Jorong Sawah Laweh, Nagari Tung­ka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, banjir mengakibatkan terendamnya lahan pertanian, perkebunan, kolam ikan dan irigasi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, Kapolsek Situjuah Limo Nagari, AKP Farzan dan jajaran serta Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, TNI termasuk calon Anggota DPRD Asal Situjuah, M. Fajar Rillah Vesky juga ikut turun langsung ke lokasi bencana untuk melihat kondisi terkini.

Mengantisipasi korban jiwa, pihak Kepolisian ingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati, terutama yang tinggal dekat aliran sungai atau batang Air Pondam.

“Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak Jumat so­re 24 Februari 2023 me­ng­akibatkan meluapnya Batang Air Pondam sehingga  terjadi bencana banjir di Jorong Sawah Laweh Nagari Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima­pu­luh Kota, banjir mengakibatkan terendam­nya lahan pertanian, perkebunan, kolam ikan dan irigasi,” ucap AKP. Farzan.

Ia juga menambahkan, beberapa jam pasca Hujan turun, banjir mulai surut.  “Alhamdulillah setelah hujan mulai berhenti/reda, air yang merendam sawah, kolam ikan dan lahan perkebunan mulai surut,” tutupnya.

Se­mentara Calon Ang­gota DPRD Asal Situjuah, M. Fajar Rillah Vesky bersyukur tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir itu, ia juga berharap agar banjir susulan tidak terjadi lagi kedepannya. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini, dan semoga kedepannya tidak ada banjir susulan,” harapnya. (uus)

Exit mobile version