Pascabanjir di Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi Lakukan Trauma Healing

MENGHIBUR ANAK-ANAK— Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan trauma healing kepada anak-anak korban terdampak banjir

LIMAPULUH KOTA, METRO–Pasca bencana banjir besar yang terjadi di­sejumlah nagari di Kabupatan Limapuluh Kota, khususnya di Nagari Ke­tinggian, Kecamatan Ha­rau yang menyisakan trau­ma mendalam bagi masyarakat setempat, utamanya bagi anak-anak mendapat perhatian khu­sus dari mantan Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021, Irfendi Arbi.

”Kita harapkan, kehadiran orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial ma­syarakat Kabupaten Lima­puluh Kota akibat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, seperti yang dirasakan masya­rakat Nagari Ketinggian, Kecamatan Harau, salah satu nagari terparah terdampak bencana banjir, dapat memberikan doro­ngan semangat kepada masyarakat untuk dapat bangkit dari traumanya. Melalui kegiatan trauma healing yang kita lakukan, kiranya dapat menghibur warga untuk menghilangkan trauma dan membangkitkan keberanian anak-anak dalam meng­hadapi setiap cobaan dari yang maha kuasa,” terang Irfendi Arbi usai mendatangi sekumpulan ibu-ibu tua dan anak-anak yang menjadi korban banjir di kawasan Kecamatan Ha­rau, Rabu (27/12).

Kehadiran Irfendi Arbi tidak hanya berusaha meng­hibur dan memulihkan trauma para kaum ibu dan anak-anak yang ma­sih trauma akibat bencana banjir yang masih terus menghantui mereka, karena sampai saat ini ranah Luak Limopuluh masih terus diguyur hujan.

Namun saat berceng­krama dengan ibu-ibu dan anak-anak warga korban banjir tersebut, calon anggota DPR RI nomor urut 5 Dapil Sumbar 2 Partai NasDem itu, tampak mem­berikan bantuan be­rupa makanan untuk warga dan anak-anak. ”Kehadiran kita atau orang-o­rang yang memiliki ke­pedulian terhadap ma­syarakat yang terkena bencana, adalah sebagai upaya kemanusian untuk pemulihan dari trauma pasca bencana,” ujar Irfendi Arbi.

Beberapa jam ber­ceng­krama dengan ibu-ibu dan anak-anak di nagari korban banjir tersebut, sepertinya kehadiran Irfendi Arbi cukup membuat kaum ibu dan puluhan anak-anak korban banjir tersebut merasa senang dan terhibur.

Buktinya, diwajah kaum ibu dan anak-anak korban banjir tersebut tampak penuh keceriaan saat didatangi tokoh Luak Limopuluah yang tengah berupaya memulihkan mental anak-anak Nagari Harau yang sempat trauma akibat bencana banjir besar itu.

Meski pun Irfendi Arbi bukan ahli terapi pemulihan anak dari trauma bencana, namun kehadiran tokoh yang digadang-ga­dang berpeluang terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI Pileg 2024 itu, tampak paham benar cara memulihkan jiwa anak-anak yang trauma akibat dampak bencana. Selain menghibur anak-anak kor­ban banjir, Irfendi Arbi juga memberikan duku­ngan dan motivasi untuk anak-anak setempat agar mereka tetap sehat dan bersemangat.

Menurut Irfendi, anak dengan pengalaman trauma saat bencana yang mengguncang jiwa­nya akan terus menghantui jiwanya. Untuk itu, trauma healing wajib diberikan kepada anak-anak korban bencana.  ”Kalau mental anak-anak tidak dipulihkan pasca bencana, ini berdampak pada pertumbuhan kedepannya dan anak akan terus merasa ketakutan. Karena itu, trauma healing ini penting,” pungkasnya. (uus)

Exit mobile version