Belasan Wartawan Payakumbuh Jalani Tes Urine Mendadak

HASIL TES URINE— Kepala BNNK Payakumbuh, M. Febrian Jufril bersama wartawan Payakumbuh memperlihatkan hasil tes urine.

PAHLAWAN, METRO–Belasan wartawan yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota (Luak Limopuluah) ikuti tes urene mendadak do Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pa­yakumbuh di Kawasan Bukik Sikumpa Kecamatan Payakumbuh Selatan pada Jumat (22/12).   Mereka yang ikut tes urine itu, selain wartawan media elektronik (TV dan Radio), Koran juga terdapat wartawan media online. Proses pengambilan urine itu juga diawasi oleh dua orang petugas/pegawai BNNK. Tidak itu saja, bahkan Kepala BNNK Payakumbuh dan Kasi Berantas juga ikut menyaksikan proses tes urine.

Satu persatu wartawan yang akan dites Urine mengambil botol yang telah disediakan oleh petugas, dari belasan wartawan itu juga terlihat wartawan senior Doddy Sastra serta Ketua Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah, Arfidel Ilham.

Terkait pelaksanaan tes urine itu, menurut Ke­tua Balai Wartawan adalah bentuk dukungan da­lam upaya pencegahan peredaran gelap dan penyalahguna Narkoba, s­e­kaligus memberikan contoh agar lembaga Peme­rintah, swasta maupun DPRD mau melaksanakan tes urine sebagai deteksi dini.

“ Hari ini kita melaksanakan tes urine secara mendadak bagi belasan kawan-kawan wartawan yang tergabung dalam Balai Wartawan Luhak Limopuluah, mereka yang ikut tes ini adalah secara sukarela dan ingin me­lakukan deteksi dini,” sebut Arfidel Ilham diamini Edward.

Wartawan Harian Pagi Padang Ekspres itu juga menambahkan, wartawan juga harus menjadi contoh bahwa mereka juga terbebas dari Narkoba, baik sebagai pemakai, pengedar ataupun Bandar Narkoba.

“ Wartawan juga harus memberikan contoh bahwa terbebas dari Narkoba. Mari sama-sama kita du­kung dan berikan contoh, sebab kita semua harus bebas dari Narkoba.” Tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan wartawan senior, Doddy Sastra, me­nurutnya wartawan tidak hanya melakukan kontrol sosial lewat tulisan atau berita, namun harus me­lakukan aksi nyata dalam perang terhadap Narkoba.

“ Perang terhadap Nar­koba tidak hanya me­lalui kontrol sosial dengan berita atau tulisan yang dibuat wartawan, namun harus dengan aksi nyata, salah satunya ikut tes urine,” ucapnya.

Mantan wartawan Ca­nang itu juga berharap wartawan lainnya yang belum sempat mengikuti tes urine di Kantor BNNK Payakumbuh, untuk bisa nantinya meluangkan waktunya untuk pelaksa­naan tes urine. “ Tentu kita dorong kawan-kawan lainnya yang belum tes urine untuk bisa meluangkan waktunya untuk pelaksa­naan tes urine.” Harap­nya.

Sementara Kepala BNNK Payakumbuh, M. Febrian Jufril mengapresiasi wartawan Payakumbuh yang mau melaksa­nakan tes urine meskipun secara mendadak. Ia berharap hal serupa bisa dilakukan oleh instansi Pemerintah, swasta maupun lembaga lainnya termasuk DPRD, untuk mau melaksanakan deteksi dini Narkoba.

“Ini tentu sangat kita apresiasi, rekan-rekan wartawan melakukan deteksi dini dengan mengikuti tes urine. Ini adalah bentuk dukungan nyata perang terhadap Narkoba, mudahan bisa dicontoh oleh pihak lain.” pujinya.

Tes urine yang digelar itu sebelumnya merupakan saran/usulan wartawan saat mengikuti Pres Release di BNNK Payakumbuh pada Jumat pagi 22 Desember 2023. (uus)

Exit mobile version