SMPN 2 Payakumbuh Panen Prestasi

PRESTASI— Pj Wali Kota Payakubuh Jasman bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala SMPN 2 Defi Marlitra Payakumbuh saat memperlihatkan sederet penghargaan.

PAYAKUMBUH, METRO–Keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh di bawah kepemimpinan Defi Mar­litra tampil menuai prestasi tahun 2023 ini. Berbagai prestasi, mulia dari tingkat Kota/Kabupaten, provinsi, nasional. Dan bahkan internasional juga ikut di­raih.

”Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah SWT, SMP Negri 2 Payakumbuh Panen Prestasi akhir tahun 2023. Diantaranya, Juara I Inovasi Pendidikan Award (IPA), Juara II GSI. Juara III Senior Street Parade marching band tingkat Provinsi Sumatera Barat. Juara I diraih SMA Kartika Padang, Juara IIdiraih MAN3 Padang, dan kita Juara III. Satu-satunya dari Payakumbuh. Selanjutnya, Juara III OSN IPA, dan lain-lain. Prestasi akademik dan non akademik bisa kita lihat di buku catatan prestasi SMPN 2 Pa­yakumbuh, sejak kita pim­pin 1 Juli 2023, ini,” terang Defi Marlitra, baru-baru ini kepada wartawan.

Disampaikannya, untuk prestasi internasional, salah seorang guru bahasa Indonesia, Zulfariani meraih prestasi internasional sebagai penulis syair. Penulisan Syair Untuk Negeri yang digagas oleh Perruas (Perkumpulan Rumah Seni Asnur) diikuti oleh utusan seluruh provinsi di Indonesia dan negara ASEAN tambah Amerika, Jepang, dan Turki. Bu Zulfariani merupakan salah satu utusan Sumbar dari Kota Payakumbuh, menulis syair yang berjudul Payakumbuh Kota Galamai. Buku Antologi Syair Dunia ini mendapat rekor MURI, dengan penulis terbanyak yaitu 2023 orang.

Sejak bergabung dengan Perruas, Zulfariani sudah memiliki 4 buah buku Antologi, yaitu Puisi Ratok Bansi Minang 2021, Puisi Doa Uuntuk Bangsa (ASEAN) 2021, Gurindam Kalbu ASEAN Tahun 2022 dan Aantologi Syair Dunia tahun 2023.

Terkait prestasi yang diraih SMPN 2 Payakumbuh, Defi Marlitra membeberkan bahwa prestasi ini tak luput dari kerjasama unsur dan personil keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh.

”Terimakasih, tak lupa, rintisan kepala sekolah yang lama, yang kita te­ruskan. Berkat kebersamaan ini, disamping pres­tasi di atas, ananda kita juga meraih juara di Soeratin, taekwondo dan silat di nasional. Dan cabang akademik juga ada,” te­rang pengajar praktik guru penggerak nasional ini.

”Intinya, yang harus kurang pahami. Dimana kita bertugas pasti ada tantangan. Itu harus kita hadapi dengan keikhlasan  dan penuh semangat. Semua pasti akan kita tuntaskan melalui komunikasi yang baik, pendekatan yang penuh kekeluargaan, beradaptasi dan berkola­borasi dengan semua unsur terkait, baik secara internal dan eksternal. Kita perjuangkan prestasi dimana kita bertugas,” ujar­nya.

Berbagai ucapan selamat tampak menghiasi kolom komentar saat pres­tasi tersebut diposting tim humas sempedupa melalui media sosial. Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril ikut bangga atas prestasi SMPN 2 Payakumbuh.

”SMPN 2 Payakumbuh mulai menggeliat prestasinya, ditandai berbagai kegiatan yang berupa i­novasi berjalan di bawah kepemimpinan kepala se­kolah Defi Marlitra M.Pd dan bahkan tahun 2023 berhasil menjadi juara Inovasi tingkat kota Payakumbuh antar SMP se Kota Payakumbuh. Selamat atas kinerja dan prea­tasi yang diraih,” singkatnya.

Bukan itu saja, SMPN 2 Payakumbuh juga dipercaya mendikbud sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi bersama Smp islam madani. Program bantuan untuk 13 anak berkebutuhan khusus SMPN 2 Payakumbuh pun dikucurkan. Kita SMPN 2 Payakumbuh mempunyai salah seorang guru bersertifikat inklusi, yakni Roni Fadly. Dan, bahkan para guru pun sudah dibekali pendidikan inklusi. Selanjutnya, melalui program Payakumbuh pintar, ada 80 siswa kurang mampu ikut menerima 2 pasang pakaian seragam dari Dinas Pendidikan Kota Pa­yakumbuh. (uus)

Exit mobile version