Supardi menjadi Aset bagi Kota Payakumbuh

FOTO BERSAMA—Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi berfoto bersama usai kegiatan di Kota Payakumbuh.

 

SUDIRMAN, METRO–Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Wali Kota Payakumbuh, Elvi Jaya, menyebut Ke­tua DPRD Sumatera Barat, Supardi, putra Payakumbuh dan juga aset bagi Kota Payakumbuh. “Supardi aset bagi Payakumbuh,” begitu disampaikan Elvi Jaya, ketika memberikan sambutan dalam a­cara Lomba Penyanyi Minang dalam rangka hari musik nasional tahun 2023 dan anugerah musik pro­vinsi Sumatera Barat, di Agamjua Art dan Culture Cafe,Kota Payakimbuh, Selasa (30/5).

Dia mengaku bangga dipilihnya Kota Payakumbuh, sebagai tempat kegiatan lomba penyanyi minang tingkat Sumatera Barat. “Ini cukup bagus untuk Payakumbuh karena dilaksanakan di Payakumbuh,” ucap mantan Sekwan DPRD Kota Payakumbuh itu.

Melalui lomba penyanyi minang ini akan lahir pe­nyanyi minang yang diawali dari Payakumbuh, yang nanti bisa berkiprah tidak hanya ditingkat lokal tetapi sampai nasional bahkan internasional. “Me­reka nanti yang akan mengangkat lagu-lagu minang dikancah nasional,” sebutnya.

Elvi Jaya berharap de­ngan lagu minang yang dicintai masyarakat luas maka akan terangkat citra minang ditingkat nasional. “Terimakasih kepada Ketua DPRD sudah mengalokasikan pokirnya untul lomba penyanyi minang di Kota Payakumbuh. Harapan kita lahir penyanyi minang yang mengangkat citra minang dipentas nasional,” harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Saifullah, menyampaikan terimakasih kepada ketua DPRD Provinsi Sumbar yang sudah mengalokasikan pokirnya untuk kegiatan untuk lomba nyanyi minang tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, lagu minang tidak hanya diminati orang minang, tetapi ma­syarakat luar minang juga suka dengan lagu-lagu minang. “Mari kita dukung kegiatan-kegiatan kebudayaan. Sayang sekali ketua DPRD akan berakhir, tapi kalau bersabung bisa kita seperti Bali dan daerah lainnya yang lebih maju, karena dukungan Ketua DPRD luar biasa,” ucapnya.

Pada kegiatan itu Pemprov Sumbar melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar memberikan peng­hargaan kepada tokoh to­koh pencipta lagu dan musisi minang.”Ada Enam orang musisi lagu minang yang diberikan penghargaan, Yan Juneid, Agusli Taher, Andoweska, Asben, Tiar Ramon, ST.Janaik,” ucapnya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Sekre Budiman, menyebut kegiatan akan berlangsung selama Dua hari 30-31 Mei 2023. Peserta ada 47 orang dihari pertama yang akan diram­pingkan menjadi 10 orang kemudian pada tanggal 31 Mei 2023, dari 10 orang dimana 5 laki-laki dan 5 perempuan akan diperlombakan kembali untuk mencari juara 1,2 dan 3 dan harapan. “Kegiatan ini sudah lanjutan, karena  pada tahun 2022 sudah ada di Taman Budaya. Bahkan yang juara pada saat itu sudah memiliki kanal You Tube sendiri. Dan memang nanti mereka punya yuo tube sendiri. Dan sebelum kegiatan juga dilakukan word shop,” ucapnya.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menyebut kegiatan Lomba Penyanyi Minang ini sudah lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang digelar di Taman Budaya Sumbar. “Untuk saat ini kita gelar di Kota Payamumbuh, ini dihadiri oleh peserta dari 19 kabupaten kota di Sumatera Barat. Dan dipilihnya kota Payakumbuh, karena Payakumbuh merupakan kota kegiatan dan vestipal,” ucapnya.

Menurutnya, Kota Pa­yakumbuh tidak memiliki SDA yang banyak, maka melalui berbagai kegiatan vestifal ini banyak orang datang ke Kota Payakumbuh. Maka kuliner dan makanan Kota Payakumbuh yang dikenal enak dan sangat enak sekali menjadi daya tarik ter­sendiri bagi pengunjung yang datang kekota Payakumbuh.

“Kita ingin Kota Payakumbuh menjadi Kota kegiatan dan vestifal. Sehingga orang akan datang ke Kota Payakumbuh, dan Alhamdulillah Kota Payakumbuh memiliki kuliner dan masakan yang enak dan enak sekali,” ucapnya yang digadang-gadang sebagai calon kuat Wali Kota Payakumbuh itu. (uus)

Exit mobile version