Sejak Sistem Zonasi, SMAN 5 Payakumbuh Selalu Kekurangan Siswa

KEKURANGAN SISWA— SMA Negeri 5 Payakumbuh selalu kekurangan murid sejak diterapokan sistem zonasi PPDB.

BALAIPANJANG, METRO–Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 telah ditutup, baik Jalur Jalur Afirmasi & Pindah Orang tua, Jalur Prestasi serta Jalur Zonasi, namun tidak untuk SMA 5 N Payakumbuh yang berada Kawasan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan, hingga Kamis 7 Juli 2022 sekolah yang juga memiliki Kelas Boarding (Asrama.red) itu masih melakukan penerimaan Calon Siswa baru.

Hingga saat ini dari daya tampung 252 siswa baru atau 7 Rombongan Belajar (Rombel), hanya sekitar 5 Rombel yang terpenuhi, kondisi itu tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, se­hingga pihak sekolah tetap membuka pendaftaran hing­ga tahun ajaran baru dimulai.

Kondisi tersebut terjadi karena sistem Zonasi yang dinilai masih belum berjalan maksimal serta akses ke sekolah (SMA N 5.red) yang belum dilalui kendaraan umum, sehingga banyak lulusan SLTP/MTsN yang enggan masuk ke Sekolah yang baru berdiri beberapa tahun itu.

“Kita masih menerima pendaftaran PPDB hingga beberapa hari kedepan, hal ini karena kuota kita belum terpenuhi, dari 7 ROMBEL baru terpenuhi 5 Rombel,” sebut Kepala SMA N 5 Payakumbuh, Efda Sofliarni, Kamis (7/7).

Ia juga menambahkan, dahulu saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih satu pintu melalui SMA N 2, Jumlah kuota siswa yang akan diterima selalu terpenuhi, namun sejak pelaksanaan Zonasi sejak Tiga tahun terakhir jumlah Rombel tidak lagi terpenuhi.

“Sejak PPDB melalui Jalur Zonasi Rombel kita tidak lagi pernah penuh. Selain karena akses ke sekolah yang tidak dilalui kendaraan umum, untuk Jalur Zonasi Full hanya dua kelurahan yang Zonasinya ke SMA N 5 ini, sementara sekolah lain ada yang jalur Zonasi nya mencapai puluhan kelurah,” ucapnya.

Efda berharap kedepannya ada perbaikan dari sistem Zonasi, termasuk untuk sekolah-sekolah yang jumlah siswa yang mendaftar telah melebihi kuota agar tidak lagi membuka kelas baru. (uus)

Exit mobile version