Belasan Andikpas Ikuti Ujian Kesetaraan di Tanjung Pati

IKUTI UJIAN— Anak didik Lapas mengikuti ujian penyetaraan secara langsung.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Belasan Anak Didik Permasyarakatan (Adikpas) yang dibina di Lembaga Pembinaan Khusus Anak/LPKA Tanjung Pati Sumatera Barat mengikuti ujian kesetaraan yang digelar di LPKA itu baru-baru ini.

Mereka yang me­ngi­kuti ujian kesetaraan ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau paket C , Sekolah Menengah Per­tama(SMP) atau paket B serta Sekolah Dasar (SD) atau Paket A. Tak jauh berbeda dengan sekolah u­mum biasanya, proses ujian juga dilakukan de­ngan ketat dan diawasi oleh petugas LPKA.

Mata pelajaran yang akan diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingris. Peserta ujian terlihat antusias dalam mengikuti ujian meskipun sedang menjalani Pidana (Pembinaan.red).

“Meskipun mereka (An­dikpas.red) merupakan pelaku pidana, kita tetap berikan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan, salah satunya dengan mengikuti ujian kesetaraan,” sebut Plt. LPKA Tanjung Pati, Mubasirudin didampingi Humas, Hendri, Sabtu (18/6).

Ia juga menambahkan, Andikpas mengaku bersyukur diberikan ke­sempatan untuk dapat menyelesaikan pendidikan lewat ujian akhir. Walaupun harus menyelesaikan ujian tidak bersama-sama dengan teman-teman lain di lingkungan sekolah, mereka tetap bersemangat dalam menjalaninya ujian paket. “An­dikpas yang mengikuti ujian sangat antusias untuk tetap menyelesaikan pendidikan meski tidak dibangku sekolah seperti umumnya,” ucapnya.

Pelaksanaan Ujian Ke­setaraan yang digelar di ruang kelas LPKA Tanjung Pati bekerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota. (uus)

Exit mobile version