Satbinmas MoU dengan SDN 02 Tarantang, Cegah Bahaya Narkoba sejak Dini

LIMAPULUHKOTA, METRO – Menanggulangi penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda dan perbuatan terlarang lainnya dalam masyarakat, pencegahan sejak dini adalah cara terbaik menyikapinya. Ada cara ampuh untuk menindaklanjuti perbuatan itu dengan cara menekankan pentingnya pendidikan moral dan keagamaan.
“Bila para murid atau pelajar dibekali dengan ilmu agama yang benar dan kuat maka niscaya anak-anak remaja terutama pelajar tidak akan mudah terpengaruh terhadap penyalagunaan narkoba dan perbuatan terlarang lain,” kata Kapolres Limapuluhkota AKBP Haris Hadis, melalui AKP H Syafrizen SH kepada POSMETRO, usai MoU dengan pihak SDN 02 Tarantang. Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluhkota kemarin.
Selain itu kata Syafrizen, menumbuhkan kesadaran dan peran aktif seluruh masyarakat. Permasalahan narkoba saat ini sudah menjadi permasalahan bangsa oleh karena itu pencegahan penyalahgunaan narkoba bukanlah menjadi tugasnegara saja, tapi sudah menjadi tugas kita bersama.
Namun demikian, semuanya tetap membutuhkan peran aktif dari masyarakat, baik dalam hal pencegahan dengan cara melaporkan maupun dalam pelayanan rehabilitasi bagi para pecandu maupun penyalahguna narkoba.
“Kami mengharapkan peran aktif dari masyarakat, apabila ada keluarga atau tetangga yang sudah terlanjur menggunakan narkoba kiranya dapat melaporkan kepada BNN, polisi, rumah sakit yang ditunjuk,’” ujar Syafrizen .
Selain itu yang paling penting lagi adalah mengadakan kegiatan pembinaan dan pengembangan lingkungan masyarakat yang bebas narkoba. Masyarakat diharapkan berperan aktif agar lingkungan yang memang sebelumnya sudah bebas narkoba untuk terus dipertahankan dengan cara tetap melakukan pengawasan terhadap pergaulan remaja dan pelajar.
“Dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting agar kiranya anak-anak di rumah diperhatik’an dengan siapa dia bergaul, apabila telah masuk waktu maghrib orang tua hendaknya dapat terus mengontrol apakah anak sudah ada di rumah atau tidak. Bukan mendahulukan hewan ternak untuk dikembalikan ke kandang, akan tetapi yang lebih penting anak kita,”tuturnya.
Lebihjauh dikatakan Syafrizen, bahwa Satbinmas dalam melakukan sosialisasi di tengah masuyarakat, mengikutsertakan Tim Melawan Kekerasan (Mekar) yang merupakan inovasi Kapolres AKBP Haris Hadis sebagai penggerak. “Adanya tim Mekar ini sangat membantu tugas Satbinmas di lapangan dalam melaikukan penyampaian pesan pesan Kamtibmas. Sebab tim Mekar terdiri dari polwan Polwan cantik,” sebut Syafrizen.
Kepala Sekolah Dasar Negeri 02, Tarantang, Harau, Kabupaten limapuluhkota Winda Elvita SPd mengaku mendukung program jajaran Polres Limapuluhkota. Kunjungan satbinmas ke sekolah di nagari Limapuluhkota sangat diperlukan. Sebagai penegak hukum, mereka juga memberikan masukan tentang hukum. Selain itu, jajaran Satbinmas juga memberikan pencerahan hukum kepada murid SD untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum. “Yang jelas, kamu mendukung kegiatan ini,” ujar Winda Elvita. (us)

Exit mobile version