Lansia Ikut Serta dalam Peningkatan Ekonomi dan Pembangunan

RASUNASAID, METRO – Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz melepas Gerak Jalan Jantung Sehat bagi Lansia se- Kota Payakumbuh di Halaman Kantor Camat Payakumbuh Timur, akhir pekan kemarin. Gerak jalan diadakan dalam rangka sosialisasi dan silaturahmi pengurus Komisi Daerah (Komda) Lansia Payakumbuh dengan pengurus Komwil Lansia Kecamatan dan Kelurahan.
Hadir pada kesempatan tersebut, pendiri lansia sekaligus penasehat Komda Lansia Kota Payakumbu, H. Syamsuar Maryuki bersama Ketua Komda, dr. Iskandar. Wakil Walikota mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Komda perlu mengadakan kegiatan secara periodik untuk membangkitkan potensi yang dimiliki Lansia disamping ajang berkumpul.
“Lansia bukan berarti tidak produktif. Lansia dapat ikut serta dalam peningkatan ekonomi dan berpartisipasi dalam pembangunan. Lansia bisa membuat produk kreatif, karena para Lansia punya banyak pengalaman,” ujar Wawako Erwin.
Dikatakan, pemerintah kota siap memfasilitasi kreatifitas atau produk kreatif yang dihasilkan Lansia melalui Komda. Pemerintahan kota siap membantu memasarkan produk-produk tersebut.
Sementara, Ketua Komda Lansia Kota Payakumbuh, dr. Iskandar, menargetkan Kota Payakumbuh sebagai kota ramah lansia paling lambat tahun 2030 sesuai target nasional.
“Secara nasional ditargetkan tahun 2030, akan tetapi kita berusaha lebih cepat dari itu,” ujar dr. Iskandar.
Dikatakan, untuk mencapai Payakumbuh menjadi kota ramah lansia, Pemerintah Kota Payakumbuh harus lebih memperhatikan dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan untuk lansia yang ada di kota Payakumbuh.
“Kita harus siapkan berbagai fasilitas umum bagi lansia untuk mencapai status Kota Layak Lansia, seperti, fasilitas jalan trotoar kursi roda, lift untuk gedung yang tinggi serta pegangan tangan di tempat-tempat umum untuk jalan para lansia,” ujar dr. Iskandar. Acara jalan santai yang mengambil start dan finish di Kantor Camat Payakumbuh Timur tersebut diakhiri dengan pemberiaan doorprice kepada peserta gerak jalan. (us)

Exit mobile version