Pemilik Toko Pustaka dan Percetakan Hizra Payakumbuh Berpulang

PEMAKAMAN— Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandro Rajo saat menghadiri prosesi pemakaman.

SUDIRMAN, METRO
Pemilik toko Pustaka dan Percetakan Hizra Kota Payakumbuh, Haji Anas ‘Hizra’ Zakaria dipanggil menghadap sang khalik, Senin (10/5) sekira pukul 4.30 di rumahnya Kelurahan Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Kepergian Haji Anas ‘Hizra’ Zakaria jelas membuat kolega, handai tolan, karib kerabat dan masyarakat Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, merasa kehilangan tokoh masyarakat yang dikenal ramah dan murah senyum ini. Haji Anas ‘Hizra’ Zakaria tutup usia diumurnya yang ke-80 tahun.

“Papa tercinta pada hari Senin tanggal 10 Mei 2021 sekira pukul 4.30 Wib telah dipanggil sang khalik di rumah kediaman Kelurahan Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat, “ ujar putra kandungnya, Hikmat menyampaikan kabar duka atas berpulangnya Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, kepada wartawan.

Sebagai tokoh yang bergerak dalam usaha percetakan, toko buku dan bacaan sekaligus agensi terbesar surat kabar dan majalah di Kota Payakumbuh, keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria sebagai mitra kerja sangat berperan mendukung dunia pemerintahan, pendidikan dan bisnis surat kabar di daerah itu.

Dan itulah sebabnya, pasca beredarnya kabar atas meninggalnya putra Jorong Talago, Nagari Tujuh Koto Talago, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota itu, rumah duka dipenuhi para pelayat mengucapkan belasungkawa.

Tampak hadir di rumah duka Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama istri, mantan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo Dt, Sori Majaro, mantan ketua DPRD Limapuluh Kota, Syamsul Hudaya, mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Jendrial, mantan anggota DPRD Limapuluh Kota, Buya Nasrul Rasyid, para pejabat dari Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, tokoh masyarakat, perwakilan Masjid Ansharullah Muhammadiyah, para karib kerabat dan andai tolan, rekan-rekan wartawan serta sejumlah tokoh politik tampak hadir melayat di rumah duka.

Usai prosesi pemakaman di pandam perkuburan keluarga di Kelurahan Tanah Mati, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menyampaikan kata-kata penghormatan terakhir terhadap almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria.

Menurut Bupati Safaruddin Dt.Badaro Rajo, almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria adalah sosok pengusaha yang banyak berjasa untuk masyarakat dan daerah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sebagai pengusaha yang bergerak dibidang percetakan, toko buku bacaan dan agensi majalah dan koran, baik terbitan nasional dan daerah, keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria adalah mitra kerja yang banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah,” sebut Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Selain sebagai tokoh yang disegani di Luak Limopuluah, almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, ulas Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, istilahnya juga ‘orang balai’ karena setiap hari bergaul dengan para pedagang yang ada di pasar Kota Payakumbuh.

“Sebagai tokoh yang banyak bergaul baik dilingkungan pemerintahan, organisasi keagamaan dan para pedagang, tentu keberadaan Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, banyak bersosialisasi dan meninggalkan kenangan,” ungkap Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Pada hari sangat berduka ini, pungkas Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, kami atas nama pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan masyarakat menyampaikan permohonan maaf jika selama bergaul dengan almarhum Haji Anas ’Hizra’ Zakaria, ada salah paham atau kesalahan yang kami lakukan. (uus)

Exit mobile version