Ajak Masyarakat Patuhi Prokes, Kalaksa BPBD Gunakan Pengeras Suara

PASANGKAN MASKER—Kalaksa BPBD H Joni Amir memasangkan masker kepada masyarakat di Pasar Ambek.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Kalaksa BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota, H.Joni Amir, terus menggencarkan sosialisasi sekaligus mengingatkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19 hingga kekampung-kampung di Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (26/4) pagi.

Selain untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, sosialisasi yang dilakukan juga untuk mengingatkan masyarakat agar menjadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak serta hindari kerumunan.

Bahkan Sosialisasi dilakukan ke kampung-kampung dan pasar-pasar Nagari yang ada, termasuk di sepanjang jalan yang dilalui. “Kita sosialisasi menggunakan mobil operasional dengan pengeras suara. Kita mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu patuh kepada Peraturan Pemerintah,” ucapnya.

Dikatakannya, gencarnya sosialisasi dilakukan mengingat beberapa waktu lalu Lima Puluh Kota masuk dalam zona merah, sekolah Tatap Muka diliburkan. “Mari sayangi diri, keluarga dan masyarakat dengan memakai masker saat keluar rumah, hindari kerumunan,” ajak Joni Amir didampingi Kabid RR, Rahmadinol serta Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Tajul Arifin, Senin (26/4).

Tidak itu saja, disepanjang Jalan Mudiak (Tan Malaka.red) Joni Amir juga mengingatkan puluhan pengendara untuk menggunakan masker saat berkendara keluar rumah dan mengingatkan bahwa nantinya akan turun tim Yustisi yang akan menindak masyarakat yang tidak mematuhi Prokes. Termasuk mengingatkan masyarakat di Kawasan Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota untuk menjaga jarak saat mengambil bantuan Pemerintah di salah satu Bank.

“Bapak-ibu yang tengah berada di Bank untuk mengurus berbagai keperluan, kami ingatkan agar petugas Keamanan untuk tidak mengizinkan/melayani masyarakat yang datang tanpa menggunakan masker,” ucap Joni Amir melalui pengeras suara.

Selain mengingatkan untuk Penerapan Protokol Kesehatan, Tim BPBD juga membagikan Masker kepada pedagang, pengunjung serta pengendar yang lewat di Pasar Ambek Simpang Bakia Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak.

Saat ini menurut Joni Amir, jumlah Kasus Positif di Kabupaten Limapuluh Kota hampir mencapai angka seribu orang. Untuk itu perlu dukungan dan kepatuhan semua pihak dalam upaya memutus mata rantai Penyebaran Covid-19.(uus)

Exit mobile version