PASAMAN, METRO–Guna memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang maksimal, mudah dan cepat, BKPSDM Pasaman tahun 2022 ini terus berupaya melakukan pola perbaikan pelayanan kepada ASN didaerah itu. Berbagai program dibuat dan dilaksanakan untuk memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada ASN di Pasaman.
Kepala BKPSDM Pasaman, Teddy Martha memaparkan, bahwa pada awal 2022 ini, telah dibuat pola pelayanan satu pintu dengan menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta menempatkan personel secara bergiliran di meja pelayanan yang mengurusi dan menguasai proses dan jenis administrasi kepagawaian. ASN yang membutuhkan pelayanan cukup datang ke loket pelayanan dan akan diterima petugas yang ditunjuk, kemudian menyampaikan bahan serta akan diperiksa dan diberikan penjelasan tentang urusan ASN yang bersangkutan.
Pelayanan ini bertujuan mempermudah dan mempercepat pelayanan dengan pola terpadu. Pada Mei 2022 ini juga mulai dikukan pola pelayanan administrasi kepegawaian jemput bola (PAK JEMPOL) ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Pasaman. Dengan latar belakang masih ada beberapa wilayah pada kecamatan yang jauh dari pusat pemerintahan dan membutuhkan waktu serta biaya yang banyak untuk berurusan ke ibukota kabupaten.
Maka dilakukanlah pelayanan jemput bola dengan menurunkan personel ke kecamatan di mana tempat serta informasi kepada ASN difasilitasi pihak kecamatan. Berbagai jenis pelayanan yang diberikan untuk urusan kepegawaian seperti pensiun, naik pangkat, pengurusan KARIS/KARSU, izin belajar, tugas belajar dan lain-lain.
Dan bahan-bahan yang disampaikan jika ada kekuarangan akan diminta untuk segera dilengkapi serta apabila sudah lengkap akan dibawa personel BKPSDM ke kabupaten untuk diproses. ASN tidak perlu lagi datang ke kantor BKPSDM di Lubuk Sikaping.
Serta pada awal Juni 2022, juga telah dibuka Pojok Konsultasi Kepegawaian di Kantor BKPSDM untuk memberikan kesempatan bagi ASN Pasaman yang akan berkonsultasi masalah kepegawaian, telah disediakan satu ruangan khusus dengan dilengkapi fasilitas pendukung yang representatif untuk memberikan kenyamanan bagi ASN yang melakukan konsultasi.
“Kita berupaya terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada ASN Pasaman sesuai tupoksi BKPSDM dengan mengacu kepada regulasi serta arahan pimpinan Pak Bupati, Pak Wabup dan Pak Sekda, bagaimana kita berupaya dari hari ke hari terus melakukan inovasi untuk peningkatan pelayanan sebagai aparatur negara” kata Kepala BKPSDM, Teddy Martha.
Teddy mengatakan, semua personel di BKPSDM selalu mendukung dan memberikan saran serta masukan untuk semua kegiatan dan pelayanan yang dilakukan. “Semoga dengan kebersamaan dan kerja bersama ini kami bisa terus meningkatkan kinerja serta pelayanan kami di BKPSDM,” harap Teddy Martha.
Di samping itu, selain kegiatan kedinasan BKPSDM Pasaman juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan sekaligus untuk memperkuat silahturahmi antar sesama personil dengan kebersamaan dan memupuk jiwa sosial. (mir)