Peringatan Hardiknas dan Harkitnas, ”Jangan Sekadar Seremonial dan Upacara”

UPACARA— Wakil Bupati Pasaman Sabar AS memimpin upacara peringatan Hardiknas dan Harkitnas tahun 2022.

Pemkab Pasaman memperi­ngati dua hari  besar nasional secara bersamaan, Hari Pendidikan Nasional  dan Hari Kebangkitan Nasional, di halaman kantor Bupati Pasaman, Jumat (20/5).  Hari Pendidikan Nasional yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 2 Mei, untuk tahun ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2022 bersamaan dengan  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Kegiatan Peringatan ke dua hari besar nasional tersebut di­pimpin langsung Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dengan dihadiri Forkopimda Pasaman, Sekretaris Dae­rah Mara Ondak, Kepala OPD, Pimpinan BUMD, Perwakilan dari seluruh Instansi, Perwakilan pelajar SLTA, SLTP, MAN,Insitut Ilmu Sosial dan tekhnologi Khatulistiwa, Perwakilan dari murid Sekolah Dasar (SD).

Wakil Bupati Pasaman dalam sambutanya selaku Inspektur u­pacara  menyebutkan,  terkait de­ngan Hari Pendidikan  Nasional yang diperingati,  di mana untuk saat ini sudah 140 ribu  lebih satuan pendidikan sudah menerapkan kurikulum merdeka ke seluruh Indonesia. “Di samping itu anak anak kita tak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan,  karena  asesmen nasional yang saat ini digunakan tidak bertujuan  untuk menghukum  guru atau murid  tetapi merupakan sebagai bahan refleksi  untuk terus mendorong kegiatan pembelajaran, agar kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya,” ujar Sabar AS.

Sabar AS juga mengingatkan,  bahwa tema yang diangkat pada momen hari kebangkitan nasio­nal yang diperingati saat ini  a­dalah “ Ayo Bangkit bersama”. “Untuk itu peringatan ini bukan sekedar seremonial saja, namun kita harus paham dari sisi nilai historis hari kebangkitan tersebut, terutama kita telah bangkit memerangi pandemi Covid 19 yang dialami seluruh dunia,” tu­tup Sabar. (mir)

Exit mobile version