Pemkab Pasaman Komit Raih Prediket Kabupaten Layak Anak

Furqan Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pasaman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman terus  berkomitmen me­raih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya pada penilaian tahun Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pe­ngen­dalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3­AP2KB) Kabupaten Pasaman Furqan SKM Mkes saat ditemui di ruang kerjanya. Jumat (25/3).

Namun, untuk mendapatkanya membutuhkan kerjasama antar instansi dan tidak bisa diselesaikan satu OPD saja. Akan tetapi juga melibatkan praktisi anak, pemerhati anak, relawan, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk penegak hukum dan lainnya.

Dijelaskan Furqan, da­lam pemenuhan hak anak, Pemkab Pasaman telah melakukan berbagai u­paya, seperti pemberian akte kelahiran gratis, ke­pemilikan Kartu Identitas Anak, pembentukan Forum Anak mulai dari ting­kat kabupaten sampai nagari, pencegahan perka­winan usia dini, Puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, serta me­ngadakan pengembangan pusat kreatifitas anak. “Kita harus merasa bangga karena kita telah memiliki komitmen tersebut untuk mewujudkan kabupaten layak anak (KLA),” ujar Furqan.

.Menurut Furqan, dilakukan penilaian Kabupaten Layak Anak bertujuan untuk mengetahui langkah kongkrit yang dilakukan pemerintah dae­rah dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Untuk pengukuran Kabupaten Layak Anak (KLA) ada 5 kluster, yakni, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan ke­sejahteraan. Kemudian, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kesejahteraan. serta perlin­dungan khusus. Setiap kluster dijabarkan dalam 24 indikator dan telah dilaksanakan dimasing-masing OPD terkait,” kata Furqan.

Sikap optimis untuk meraih KLA kategori ma­dya, tinggal sedikit lagi Pasaman bakal berada di ketegori madya.  “Diha­rapkan kita semua bisa selalu bekerjasama dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindu­ngan anak di Kabupaten Pasaman, sehingga anak-anak daerah ini dapat men­jadi anak-anak yang berkualitas kedepannya,” kata Furqan. (mir)

Exit mobile version