LPMN Nagari Durian Tinggi Melangkah ke Provinsi

HADIRI--Bupati Pasaman Benny Utama saat menghadiri penilaian LPMN tingkat Sumbar.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) Nagari Durian Tinggi terpilih mewakili Pasaman untuk penilaian LPMN tingkat Provinsi Sumbar. Penilaian LPMN tingkat Sumbar dihadiri Bupati Pasaman H Benny Utama, di dampingi Kadis Pemberdayaan Masya­rakat Kabupaten (PMD) Pasaman MN Susilo, Asisten III Lotfriedo Rama, Kasat Pol PP dan Damkar Aan Afrinaldi, Camat Lubuksikaping Nina Darma­yanti.

Di samping itu, dalam penilaian tersebut juga di hadiri, PJ Wali Nagari Durian Tinggi Eki Noprismon, Niniak Mamak, Bundo Kan­duang, serta tokoh pemuda nagari setempat.

Ketua LPMN Nagari Durian Tinggi, Irwan Ramadani menyebutkan, LPMN nagari Durian tinggi berupaya melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga mitra strategis pemerintah nagari dalam meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan ma­sya­rakat nagari, juga dalam perencanaan pelaksa­na­an dan pengawasan pem­bangunan.

Sementara itu, Bupati Pasaman dalam sambutannya menyebutkan, de­ngan adanya penilaian LPMN nanti, perangkat nagari akan lebih tau peran dan fungsinya sebagai perangkat nagari. “Kekerabatan di nagari Durian Tinggi sangat tinggi, dimana warganya merupakan satu keluarga antar kampung dengan kampung lain,” kata Irwan.

Benny Utama yakin tim juri akan memberikan penilaian secara objektif dan sesuai apa adanya, kepada perangkat nagari berikan lah jawaban akurat sesuai yang diminta tim penilai.

“Kalau lah LPMN ini berjaya, ia yakin nagari akan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangun Pasaman yang lebih baik sesuai dengan Visi dan misi Pemkab Pa­saman,” tambahnya.

Ketua Tim Penilai diwakili Dra Hendrawati Roza mengatakan, kegiatan penilaian tersebut bermaksud untuk melihat langsung aktifitas LPM dalam upaya pemberd­a­yaan masyarakat.

Mengetahui manfaat keberadaan LPM yang di rasakan masyarakat, dan hubungan kemitraan LPM dengan Pemerintahan Na­gari, selain itu untuk me­ngetahui dukungan OPD dan lembaga terkait lainya dalam membina LPM yang ada di wilayahnya.

Ia menambahkan, fung­si penilaian juga untuk mengetahui sejauh mana dukungan masya­rakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya dalam pembangunan partisipatif di nagari dan untu melihat inovasi LPM dalam pembangunan dan pemberdayaan masya­rakat. (mir)

Exit mobile version