Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Kuliner Ampiang Dadiah dan objek wisata Janjang Saribu, masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia 2020. Dua icon wisata Bukittinggi itu, masuk nominasi dari tujuh kategori yang diusulkan. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) melalui Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Suzi Yanti, menyebutkan, anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Penghargaan Pariwisata Tingkat Nasional, mencari daya tarik baru di daerah untuk dipopulerkan secara Nasional. Tahun 2020 ini, Kota Bukittinggi mengusulkan 7 kategori.

“Masing masingnya, kategori makanan mengusulkan Pical, Pisang Kapik dan Sanjai. Kategori Minuman, Ampiang Dadiah dan Cindua Langkok. Kategori destinasi unik, Koto Barangai dan Janjang Saribu. Kategori Sejarah, Jam Gadang dan dan Lobang Japang. Kategori Budaya Tradisionil,Tari Piriang dan Silek. Kategori Agrowisata, Kabun Salak Pondoh, Panorama Baru dan Kategori Destinasi Belanja, Pasa Ateh, Pasa Aua Kuning dan Los Lambuang,” jelas Suzi Yanti.

Dari tujuh kategori itu, Bukittinggi mendapat dua kategori yang lolos seleksi atau masuk nominasi yaitu kategori minuman, khususnya Ampiang Dadiah dan kategori destinasi unik untuk Janjang Saribu. “Alhamdulillah dari 7 ketegori yang diusulkan Kota Bukittinggi, dua kategori berhasil masuk nominasi, Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu. Ini merupakan peningkatan, dimana periode sebelumnya Bukittinggi hanya bisa lulus satu kategori. Semoga dua kategori ini mendapatkan pilihan yang banyak,” kata Suzi Yanti.

Sebelumnya Bukittinggi juga pernah Penghargaan Anugerah Pesona Wisata ini ditahun 2018 untuk kategori minuman tradisional yaitu,”Aia Aka”. Istimewanya Ampiang Dadiah yang adanya di kota Bukittinggi, terbuat dari emping atau ketan yang disangrai lalu di pipihkan trus ditambah Yogurt yang terbuat dari susu kerbau yang di fermentasi yang disebut juga dengan dadiah.Sedangkan Janjang Saribu,sebuah ojek wisata yang unik, dimana punya anak tangga lebih kurang 1000 yang memiliki pemandangan atau view yang sangat indah ke arah Ngarai Sianok. (pry)

Exit mobile version