Linmas Diminta Tingkatkan Peran Edukasi Warga

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memimpin apel bersama Petugas Linmas, Camat dan Lurah se -Kota Bukittinggi ditambah personil Sat Pol PP di Halaman Markas Satuan Polisi PP Bukittinggi, Kamis (9/7). Apel itu digelar dalam persiapan berbagai kegiatan dalam suasana pandemic wabah Covid-19, serta menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H, HUT Kemerdekaan 17 Agustus dan menghadapi rangkaian proses Pilkada.

Dalam arahannya Ramlan Nurmatias mengatakan, Camat, Lurah dan Linmas harus dapat menjadi tempat mendapatkan informasi bagi masyarakat. “Saat ini kita sudah dalam keadaan New Normal, namun tetap berikan edukasi yang tepat dan cerdas kepada masyarakat, agar tetap mengutamakan potokol penanggulangan Covid-19. Seperti tetap memakai masker saat keluar rumah dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Karena penularan virus Covid-19 masih belum selesai,” ujar Ramlan.

Wako Ramlan mengarahkan, petugas terutama Linmas dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Idul Adha 1440 H. Shalat Idul Adha tetap dilaksanakan di Lapangan Wirabraja namun dengan tetap memakai protokol Covid-19 yang ketat. Termasuk juga persiapan 17 Agustus dalam keadaan Covid-19 ini. Kegiatan 17 Agustus sesuai arahan pusat tidak diadakan besar-besaran seperti biasa, hanya akan dihadiri 20-an orang saja.

“Sebagai petugas yang sehari-hari berada di tengah masyarakat, petugas Linmas dapat berperan dalam berbagai kegiatan sosial, menjaga kebersihan dan keamanan di lingkungannya. Tunjukkan personil Linmas juga mampu memberikan informasi yang benar dan membantu kegiatan Pemerintah di Kelurahan. Jangan pula Linmas yang membuat masalah dan memberikan contoh tidak baik,” ujar Ramlan.

Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak pada tanggal 09 Desember 2020 nanti, Linmas diharapkan dapat memonitor dan menciptakan berjalannya demokrasi yang bersih dan sehat.

“Jangan ikut-ikutan pula panas dan malah membuat suasana tidak tenang. Khusus dalam keadaan Covid-19, kampanye besar-besaran tidak dibolehkan. Kampanye hanya bersifat door to door, dari rumah ke rumah dan dengan jumlah yang tidak banyak. Disinilah peran Linmas sangat dibutuhkan. Ciptakan kondisi yang kondusif dan pencerdasan politik kepada masyarakat,” jelasnya. (pry)

Exit mobile version