Sosialisasi Pemerintahan Desa/Nagari

Dorong Percepatan Pembangunan Nagari
AGAM, METRO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam gelar sosialisasi UU pemerintahan desa/nagari sekaligus mengevaluasi pelaksanaan dana desa dan nagari di Kabupaten Agam tahun 2018 di aula utama kantor bupati Agam, Selasa (23/10).
Sosialisasi dan evaluasi yang diikuti Kasi PMN kecamatan, wali nagari, sekretaris nagari, OPD terkait Pemkab Agam, terutama inspektorat, Bappeda dan Bagian Hukum Sekab Agam itu dibuka bupati Agam diwakili asisten I Setkab Agam Rahman S Ip MM.
Dalam sambutannya, bupati Agam memberi penekanan khusus seluruh unsur terkait dalam pengembangan potensi desa dan nagari untuk memaksimalkan pemanfaatan dana nagari dalam mendorong pertumbuhan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.
Optimalisasi pemanfaatan dana nagari tersebut justru harus sesuai dengan regulasi yang ada. Sehingga berbagai program yang dirancang tidak hanya bisa mendorong kemajuan tapi sesuai aturan yang berlaku.
Bupati Agam merespon positif beragam kegiatan sosialisasi yang dilakukan jajaran DPMN Agam, tidak hanya dalam konteks mendorong percepatan pembangunan nagari. Tapi juga membangun pemahaman dan penguasaan materi tentang berbagai aturan terkait kegiatan pemerintahan nagari. “ Kami minta seluruh peserta serius dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan sosialisasi ini, sehingga seluruh pihak bisa paham akan rambu-rambu pemanfaatan dana nagari dan memacu pertumbuhan pembangunan nagari secara nyata,” sebut Bupati Agam seperti disampaikan Rahman, Asisten I Sekab Agam.
Sementara menurut Kadis DPMN Agam Teddy Martha menyebutkan, sosialasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemerintahan nagari tentang perubahan regulasi yang menjadi dasar pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pemerintahan di nagari.
Hal itu juga sebagai upaya menjelaskan tahapan dalam penyusunan APB Nagari 2019 sesuai prioritas nagari.” Hal ini penting sebagai bagian dalam upaya mendorong percepatan kemajuan nagari secara utuh, “ jelas Teddy Martha.
Sosialisasi UU tentang pemerintahan nagari dan evaluasi pelaksanaan pemanfaatan dana nagari di kabupaten Agam itu digelar sehari penuh menghadirkan beberapa narasumber penting Pemkab Agam. (pry)

Exit mobile version