AGAM, METRO–Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam terus berupaya meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah di daerah tersebut dengan menggelar sosialisasi akreditasi perpustakaan bagi kepala sekolah dan pengelola perpustakaan SD serta SMP. Upaya ini dilakukan untuk mencapai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dan mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Literasi (IPL).
“Kegiatan ini sangat penting untuk mendukung pengelolaan perpustakaan agar memenuhi standar akreditasi serta memastikan layanan perpustakaan dapat dinilai optimal,” ujar Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, saat membuka sosialisasi pada Senin (17/12).
Bupati menekankan pentingnya perpustakaan sebagai pusat literasi yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, baik bagi siswa maupun masyarakat luas.
“Kami berharap sosialisasi ini memperkuat kemampuan pengelola perpustakaan dalam menyiapkan dokumen dan data pendukung yang diperlukan untuk akreditasi,” ungkapnya.
Bupati Andri Warman juga mengajak kepala sekolah, guru, dan pengelola perpustakaan untuk bersinergi dalam mengelola perpustakaan sesuai SNP. “Mari kita jadikan perpustakaan sekolah sebagai sumber ilmu bagi peserta didik,” ajaknya.
Selain itu, ia menekankan pentingnya meningkatkan manfaat perpustakaan melalui sosialisasi yang berkelanjutan, pengelolaan yang profesional, dan kolaborasi dengan para penggiat literasi. Dukungan anggaran juga disebutnya sebagai salah satu faktor kunci dalam pengembangan perpustakaan sekolah.