Simulasi Manasik Haji TK/PAUD di Lubuk Basung, Mengenalkan Rukun Islam ke-5 Sejak Dini

MANASIK HAJI— Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Roza Syafdefianti SSTP MSc membuka secara resmi kegiatan simulasi manasik haji TK/PAUD se-Kecamatan Lubuk Basung di GOR Rang Agam, Kamis (24/10).

AGAM, METRO–Pjs Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Roza Syafdefianti SSTP MSc membuka secara resmi kegiatan simulasi manasik haji TK/PAUD se-Kecamatan Lubuk Basung di GOR Rang Agam, Kamis (24/10).

Pembukaan itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Roza Syafdefianti di­dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan Agam Taslim, Camat Lubuk Basung, Ricky Eka Putra, Bunda Paud Kecamatan Lubuk Basung, Ny Riza Ricky Eka Putra dan undangan lain.

Menurut Ketua panitia pelaksana Yona Hidayat, kegiatan ini diikuti Paud/TK se-Kecamatan dengan jum­lah peserta 1.224 orang, dengan tema, “ menumbuhkan kecintaan anak pada ibadah haji sejak dini”.

“Peserta berasal dari 54 lembaga TK/Paud se-Kecamatan Lubuk Basung dan guru pendamping sebanyak 176 orang, “ ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta anak-anak kepada ibadah haji sejak ditaman kanak- kanak.

Sementara itu, Bunda Paud Kecamatan Lubuk Basung Ny Riza Ricky Eka Putra mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada seluruh panitia, guru dan orang tua murid, atas terlaksananya peragaan manasik haji.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk motivasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Peragaan manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji bagian tertentu yang bisa di­praktekkan oleh anak dan dengan keterbatasan yang dimiliki anak.

“Harapannya makna yang terdapat dalam iba­dah haji dapat dipahami dengan baik dan terus tumbuh semangatnya sehingga ibadah haji merupakan salah satu visi hidupnya nanti,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Roza Syafdefianti yang menekankan pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak sejak usia dini.

“Kegiatan manasik haji ini adalah kesempatan emas untuk mengenalkan nilai- nilai keagamaan dan ibadah haji kepada anak-anak,” ujarnya. (pry)

Exit mobile version