Peringati Hari Santri Nasional, Dr. Endrizal Ajak Santri Teruskan Semangat Juang

AGAM, METRO–Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Agam, Dr Endrizal SE MSi memim­pin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2024 tingkat Kabupaten Agam, di lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif Koto Laweh, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Selasa (22/10).

Upacara ini berlangsung khidmat yang mengangkat tema, menyambung juang merengkuh masa depan, yang diikuti oleh ratusan santri dari berbagai pondok pesantren, serta sejumlah tokoh agama dan pejabat pemerintah setempat,

Pada kesempatan tersebut, Endrizal membacakan sambutan Menteri Agama RI, yang mengatakan setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif meng­gelorakan perlawanan terhadap para penjajah, salah satu bukti perlawanan santri tersebut adalah peristiwa resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945,” ujarnya.

Dikatakan, menyambung juang bukan hanya berarti mengenang tetapi juga bereaksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern.

“Oleh sebab itu, diharapkan peringatan hari santri tahun 2004 ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua khu­susnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” ujarnya. (pry)

Exit mobile version