Untuk 86 Mustahik di 2 Kecamatan, Baznas Agam Salurkan ZIS Tahap II Rp 225 Juta

SIMBOLIS— Ketua LKKS Agam, Ny Yenni Andri Warman, menyerahkan secara simbolis Zakat, Infak dan Sedekah tahap II, kepada 98 mustahik dari 2 Kecamatan, Kamis (19/9), di aula Kantor Camat Ampek Angkek.

AGAM, METRO–Setelah Baznas Kabupaten Agam menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp326 juta lebih kepada 160 mustahik bagi 6 kecamatan, di aula Bappeda Agam, Rabu (18/9), kembali Kamis (19/9), di aula Kantor Camat Ampek Angkek kembali Baznas Agam menyalurkan ZIS sebesar Rp225 juta lebih kepada 98 mustahik dari 2 kecamatan.

ZIS yang disalurkan terbagi dari 5 program yai­tu, Agam Makmur, Agam Sehat, Agam Cerdas, Agam Peduli dan Agam Taqwa.

Penyaluran ZIS dilakukan Bupati Agam diwakili Kepala Dinsos Agam, Yu­nil­son dan Ketua LKKS Agam, Ny Yenni Andri War­man.

Yunilson mengapresiasi Baznas Kabupaten Agam, karena sangat konsisten dalam menyalurkan ZIS setiap bulan kepada yang berhak menerima.

“Baznas adalah mitra pemerintah daerah, yang sangat membantu terha­dap program terutama ten­tang sosial kemasya­rakatan,” ujarnya.

Karena katanya, belum semua program yang dapat terakomodir melalui anggaran Pemkab Agam, sehingga keberadaan BAZ jadi pendorong dalam memaksimalkannya.

“Bahkan pak bupati membuat kebijakan bagai­mana seluruh ASN di lingkup Pemkab Agam ikut ber­za­kat melalui BAZ, agar men­dorong peningkatan pe­nerimaan zakat,” katanya.

Apabila penerimaan zakat meningkat katanya lagi, tentu semakin banyak masyarakat yang terbantu. Sehingga Pemkab Agam juga ikut mendorong peningkatan penerimaan zakat di Baznas.

“Dengan begitu maka misi untuk mewujudkan Agam maju, masyarakat sejahtera bisa terlaksana,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LKKS Agam, Ny Yenni Andri Warman mengimbau seluruh pihak agar menginformasikan kondisi ma­syarakat sekitar tempat tinggalnya, yang dinilai patut dibantu kepada Baznas Agam.

“Melalui informasi disampaikan, nanti kita di LKKS bersama Baznas Agam dan Dinsos akan mensurvei ke lokasi terkait apa yang perlu dibantu,” sebutnya.

Bahkan LKKS bersama Baznas Agam dan Dinsos sudah banyak mendatangi warga, yang dilaporkan dengan berbagai kondisi baik persoalan kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Mari kita bersama-sama mengatasi persoalan ini. Apabila mengetahui kondisi warga yang patut dibantu, segera laporkan baik kepada LKKS, BAZ maupun Dinsos,” ajaknya.

Ketua Baznas Agam, Isman Imran menjelaskan, untuk penyerahan hari ini yakni, disalurkan untuk 37 orang dari Kecamatan Am­ pek Angkek dan 61 orang dari Kecamatan Baso.

Dirincinya, dari Rp 225 lebih ini untuk Kecamatan Ampek Angkek disalurkan sebesar Rp 81,900.000,- (Delapan puluh juta, sembilan ratus ribu rupiah) dan Kecamatan Baso sebesar Rp 143.650.000,- (Seratus empat puluh tiga juta, enam ratus lima puluh ribu rupiah).

Penyaluran ZIS dilakukan tiga tahap. “Dan hari ini adalah tahap ke II dan besok tahap III akan kita laksanakan di Mess Pemda Belakang Balok,”jelasnya.

Seterusnya, ia berha­rap kepada para mustahik untuk dapat menggunakan zakat ini dengan sebaik -baiknya.

“ZIS ini disalurkan sesuai amanah dari muzaki yang mempercayakan Baznas Agam mengelola za­katnya, bagaimana bisa membantu para mustahik,” tukasnya.

Dengan begitu, dia berharap ZIS yang disalurkan menjadi berkah baik bagi penerima maupun pemberi. (pry)

Exit mobile version