Dibina Menjadi Kelurahan Cantik 2024, Gulai Bancah Menuju Penilaian Nasional

SOSIALISASI— Pemko Bukittinggi bersama BPS gelar Pencanangan dan Sosialisasi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) Kota Bukittinggi Tahun 2024, di Aula Balaikota, Rabu (18/9).

BUKITTINGGI, METRO–Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) gelar Penca­nangan dan Sosialisasi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) Kota Bukittinggi Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Aula Balaikota, Rabu (18/9).

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Bukittinggi, Abdi Gu­ nawan, menjelaskan, penunjukkan kelurahan cantik ini diawali dari koordinasi antara BPS dengan Diskominfo Kota Bukittinggi.

Dari koordinasi tersebut terpilihlah Kelurahan Kubu Gulai Bancah sebagai Kelurahan Cantik Tahun 2024 sebagai Wakil Kota Bukittinggi untuk mengikuti pemilihan desa cantik tingkat nasional.

Program Kelurahan Cantik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat desa tentang pentingnya statistik dalam perencanaan pembangunan.

“Dengan literasi statistik yang baik, Kelurahan akan lebih mampu mengidentifikasi kebutuhan dan potensi yang dimiliki, sehingga perenca­naan pembangunan desa dapat dilakukan secara lebih efek­tif dan tepat sasaran. Untuk itu, melalui program ini, Kelurahan di Kota Bukittinggi dapat menjadi contoh dalam pe­ngelolaan data dan informasi statistik yang baik, yang pada akhirnya dapat mendukung pembangunan khusus­nya Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, diwakili oleh Ade Mulyani, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, mengap­resiasi dipilihnya Kelurahan Kubu Gulai Bancah yang dicanangkan dan dibina untuk menjadi

Kelurahan Cinta Statistik Kota Bukittinggi Tahun 2024 dalam program Kelurahan Cinta Statistik se-Indonesia.

Kelurahan Cinta Statistik Kota Bukittinggi ini merupakan bagian dari Program De­sa Cinta Statistik yang digagas oleh Badan Pusat Sta­tistik Indonesia, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas data dan informasi di tingkat ter­kecil yaitu kelurahan, serta memberdayakan masy­ara­kat. (pry)

Exit mobile version