Bupati Tekankan Peran Bamus dalam Mendukung Pemerintahan Nagari

PELATIHAN BAMUS— Bupati Agam Andri Warman, secara resmi membuka pelatihan Badan Pemusyawaratan Nagari (Bamus) se-Kecamatan Palembayan di Hotel Muaro, Nagari Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Rabu, (26/6).

AGAM, METRO–Bupati Agam Andri War­man, secara resmi membuka pelatihan Badan Pemu­syawaratan Nagari (Bamus) se-Kecamatan Pa­lembayan di Hotel Muaro, Nagari Pa­dang Lua, Kecamatan Banuhampu, Rabu, (26/6).

Acara ini dihadiri oleh para anggota Bamus dari 7 dari 9 nagari di Kecamatan Palembayan serta sejumlah pejabat daerah yang mana nagari yang tidak mengikuti agenda tersebut yakni, Nagari IV Koto Palembayan dan Nagari Sungai Pua.

Dalam sambutannya, Bupati Andri Warman menekankan pentingnya peran Bamus dalam mendukung pemerintahan nagari dan memastikan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

“Bamus memiliki peran strategis dalam mengawal transparansi dan akuntabilitas pemerintah nagari. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas anggota Bamus da­lam menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih efektif,” ujar Bupati Andri Warman.

Bupati Agam juga menekankan pentingnya ko­laborasi antara pemerintah nagari, Bamus, dan masyarakat untuk mencapai kemajuan bersama.

Bupati Andri Warman mengajak seluruh peserta pelatihan untuk aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman serta solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi di masing-masing nagari.

“Kita harus terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Melalui pelatihan ini, diharapkan anggota Bamus dapat lebih memahami perannya dan mampu ber­kontribusi secara maksimal dalam pembangunan nagari,” ujarnya.

Bupati Agam berharap, melalui pelatihan ini Bamus se-Kecamatan Palembayan dapat memperkuat kapasitas kelembagaan di tingkat nagari, sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata bagi ma­syarakat. (pry)

 

Exit mobile version