Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Dongkrak Kunjungan Ibu Hamil dan Balita ke Posyandu

INTERVENSI SERENTAK— Pemko Bukittinggi menggelar intervensi serentak pencegahan stunting yang dipusatkan di Posyandu Mekar Kelurahan Campago Guguk Bulek dan Campago Ipuah, Rabu (5/6).

Pemerintah Kota Bukittinggi mengupayakan pencegahan Stunting di daerah setempat, salah satunya dengan menggelar intervensi serentak pada Rabu (5/6).

Pemkot melalui Dinas Kesehatan gelar intervensi serentak pencegahan stunting yang dipusatkan di Posyandu Mekar Kelurahan Campago Guguk Bulek dan Campago I­puah.

Asisten Pemkot Bukittinggi, Isra Yonza menyampaikan kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting menjadi prioritas bersama unsur terkait saat ini dalam bi­dang kesehatan masya­rakat.

“Diharapkan dapat men­dongkrak kunjungan ibu hamil dan balita datang ke posyandu agar terpantau status kesehatannya,” kata Isra.

Menurutnya langkah ini akan memantau pertumbuhan dan per­kem­bangan anak secara langsung untuk antisipasi Stunting.

“Sehingga apabila terdeteksi terjadi gangguan tumbuh kembang, secara dini intervensi yang tepat dapat dilakukan,” kata dia.

Langkah yang dilakukan antaranya penimba­ngan berat badan anak, pendataan berkala, pe­ngukuran tinggi anak serta edukasi pada ibu hamil dan calon pengantin.

Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menjelaskan pencanangan Implementasi Intervensi Se­rentak Pencegahan Stunting di Kota Bukittinggi ditargetkan pada 11.381 balita.

“Juga kepada 2.437 ibu hamil di Kota Bukittinggi yang diukur dan di input 100 persen ke dalam aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) dan aplikasi e-kohort,” kata Linda. (pry)

Exit mobile version