751 Korban Banjir Bandang Jalani Rawat Jalan

RAWAT JALAN— Dinkes Agam melakukan perawatan dengan metode rawat jalan terhadap korban banjir bandang.

AGAM, METRO–Dinas Kesehatan Agam mencatat daftar rincian pasien rawat jalan korban banjir bandang pada pe­riode 12 Mei-23 Mei 2024 capai 751 orang.

Hal tersebut dibenar­kan Kepala Dinas Keseha­tan Kabupaten Agam, dr Hendri Rusdian menyebut­kan, bahwa 751 orang ini merupakan para korban dan masyarakat dari ber­ba­gai kalangan usia de­ngan penyakit yang tergo­long dari kelas ringan-sedang.

“Adapun rincian daftar penyakit dari 751 orang ini meliputi, ISPA 149 orang, luka robek 89, malaise 80, hipertensi 79, dyspepsi 59, cepalgia 54, penyakit kulit 54, febris 54, penyakit gigi 28 dan reumatik atritis 20,”kata Hendri Rusdian, Jumat (24/5).

Ditambahkan, diare 20 orang, gatritis 19, fatigue 18, conjungtivitis 11, diabetes melitus 5, gangguan telinga 5, fraktur/dislokasi 2, paru 2, gigitan serangga 2 dan gangguan kejiwaan 1 orang.

Hendri Rusdian ber­harap, agar jumlah korban dan pasien tidak akan ber­tambah. “Mudah-muda­han, jumlah korban banjir lahar dingin ini tidak akan bertambah, karena kita ikut prihatin dengan apa yang telah terjadi kepada me­reka saat ini,”ungkapnya.

Ditambahkan, pihak­nya akan terus berkontri­busi demi membantu dan menjaga kesehatan korban dan masyarakat di sekitar lokasi bencana.

“Kami dari sektor kese­hatan akan siap membe­ri­kan pelayanan semak­simal mungkin,” ulasnya. (pry)

Exit mobile version