Bayarkan Iuran Komite Pelajar SLTA Tahun 2024, Pemko Bukittinggi Gelontorkan Dana Rp 9,5 Miliar

PENINJAUAN— Walikota Bukttinggi saat melakukan peninjauan di salah satu SLTA di Kota Bukittinggi. Tahun 2024 ini, Pemko Bukittinggi menggelontorkan dana Rp 9,5 miliar untuk membantu iuran komite pelajar SLTA baik Negeri maupun Swasta.

BUKITTINGGI, METRO–Pemerintah Kota Bukittinggi kembali memba­yarkan iuran komite pelajar SLTA baik negeri atau swasta di daerah setempat di 2024 melalui anggaran APBD.

“Kami telah siapkan anggaran pada APBD 2024, untuk subsidi iuran komite pelajar SMA Negeri sederajat,” kata Wali Kota Erman Safar di Bukittinggi, Rabu (22/5).

Untuk tahun ini, sebesar Rp 9,5 miliar digelontorkan untuk membantu iuran komite yang disalurkan melalui Bantuan Keuangan khusus (BKK) ke Pemprov Sumbar.

“Pemerintah harus te­tap hadir di tengah ma­syarakat, untuk membantu biaya pendidikan para pelajar. untuk sekolah swas­ta, Pemkot Bukittinggi tetap bantu iuran komite melalui dana hibah,” kata Erman.

Ia menyebut dengan dana itu, dapat membantu subsidi iuran komite untuk 5.369 pelajar di SMA negeri.

“Dana itu, juga dapat dimanfaatkan untuk membayar honor guru non PNS di setiap sekolah dan THR mereka,” kata Erman.

Di 2023 lalu, Pemkot Bukittinggi juga bayarkan uang komite untuk 5.695 pelajar SMA dan SMK sederajat, dengan anggaran Rp13,5 milyar lebih.

Wako menargetkan, 100 persen generasi muda Ko­ta Bukittinggi wajib minimal pendidikan 12 tahun. Para pelajar juga dibebaskan dari beban biaya di setiap sekolah, salah satunya iuran komite di tingkat SMA.

“Beban pembangunan biarkan tanggung pemerintah. Jangan bebankan rakyat,” pungkasnya. (pry)

Exit mobile version