PKK Agam Dorong Peran Aktif Kader Sosialisasi Stunting

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman

AGAM, METRO–Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman meminta para kader untuk berperan aktif dalam me­lakukan sosialisasi stunting ditengah masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam workshop kegiatan Internalisasi Pengasuhan Balita di Aula Dalduk KB PP dan PA, Lubuk Basung, Selasa (30/4).

Dalam paparannya, Ny. Yenni menyampaikan materi tentang pengasuhan yang tanggap terhadap kebutuhan anak. Dikatakan , semua anak memerlukan pengasuhan untuk bertahan hidup, ber­kem­bang dan mencapai potensi penuh.

“Pengasuhan terjadi ketika kita memaksimalkan setiap interaksi responsif yang se­ring, konsisten dan dapat di­andalkan anak,”ujarnya.

Dikatakan, pengasuhan yang reponsif adalah dasar untuk melindungi anak- anak dari cedera dan efek negatif, mengenali kondisi penyakit, tanda-tanda lapar dan kenyang, serta membangun kepercayaan dan hubungan de­ngan anak.

Adapun contoh pengasuhan yang tanggap diantara melauangkan waktu berdua dengan anak, menjaga dan memperhatikan baik-baik sinyal dan tanda-tanda anak, bercakap-cakap dan bermain de­ngan anak serta menciptakan lingkungan rumah yang aman untuk eksplorasi dan peningkatan kemandirian,”tuturnya.

Semua hal tentang pengasuhan ini ulasnya, harus dimaksimalkan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Ny. Yenni berharap melalui materi ini pada kader bisa menjadi perpanjangan tangan untuk melakukan penyuluhan masyarakat.

Dengan begitu, kita berharap melalui agenda ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Agam akan berku­rang,”ha­rapnya. (pry)

Exit mobile version