Kader Posyandu Ujung Tombak Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat

PELATIHAN KADER— Kecamatan Matur menggelar pelatihan kader Posyandu di aula Kantor Camat Matur, Senin (22/4).

AGAM, METRO–Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola secara bersama, guna mem­ber­dayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kese­hatan dasar.

“Posyandu wujud peran masyarakat, yang hadir dan bergerak bukan dengan sendirinya. Dukungan kita bersama terhadap keberadaan dan kesinam­bungan Posyandu terus diupayakan,” ujar Camat Matur melalui Sekcam, Novia Susandra dalam pembukaan pelatihan Kader Posyandu, di aula kantor camat itu, Senin (22/4).

Dikatakan, berbagai kebijakan telah dibuat dengan beragam kegiatan. Sehingga melalui program yang dilaksanakan Posyandu tetap eksis serta menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.

“Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggungjawab semua pihak termasuk Kader Posyandu,” sebutnya.

Menurutnya, peran kader dalam penyeleng­garaan Posyandu sangat besar, karena selain pemberi informasi kesehatan, juga sebagai peng­gerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sejuh ini katanya, kurangnya pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis, menjadi salah satu permasalahan mendasar dalam penye­­leng­garaan Posyandu.

“Kader merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan di Posyandu. Keberadaannya jadi hal penting dan strategis dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” kata Novia.

Dengan begitu, dia menyambut baik pelatihan yang dilakukan terhadap kader, sehingga 25 kom­petensi dasar Kader Posyandu dapat dikuasai.

“Tentu kita berharap informasi tentang kesehatan sampai kepada masyarakat dengan baik dan mudah dipahami, sehingga pola hidup sehat tetap terjaga di Kecamatan Matur,” sebutnya lagi. (pry)

Exit mobile version