Pembangunan Fisik Tahun 2024, Pemnag Sungai Cubadak Anggarkan Rp288 Juta

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82

AGAM, METRO–Pemerintah Nagari Sungai Cubadak, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, alokasikan anggaran Rp288 juta untuk pembangunan fisik tahun ini.

Wali Nagari Sungai Cubadak, Yusmar, Rabu (17/4) mengatakan, pembangunan fisik dilakukan sebanyak 4 paket kegiatan.

Pembangunan ini lebih kepada irigasi, yang sangat diharapkan ma­syarakat untuk kelancaran aliran air ke lahan pertanian,” ujarnya.

Dijelaskan, pembangunan dilakukan yaitu peningkatan irigasi Banda Munggu Gadang Pematang Tinggi sepanjang 218 meter, dengan anggaran Rp114 juta lebih.

Kemudian peningkatan irigasi Banda Gadang Ampangan sepanjang 227 meter, anggaran Rp114 juta lebih. Rehab irigasi Banda Mato Aia sepanjang 385 meter, anggaran Rp49 juta lebih.

“Selanjutnya pemeliharaan kantor nagari, dengan anggaran Rp9 juta lebih. Pembangunan fisik ini bersumber dari dana desa,” terang Yusmar.

Khusus irigasi katanya, ini menjadi prioritas di nagari, karena menjadi hal utama dalam meningkatkan pe­rekonomian masyarakat.

“Ketika irigasi tersedia, tentu air dapat mengalir ke lahan pertanian masyarakat dengan lancar. Sehingga usaha pertaniannya bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Sebagai nagari baru tambahnya, Sungai Cubadak perdana menganggarkan kegiatan, selama ini mendapatkan dukungan anggaran dari nagari induk.

Maka kita berharap agar ma­syarakat bersama-sama dengan pemerintahan nagari untuk membangun Sungai Cubadak, supaya bisa lebih berkembang seperti nagari lain­nya,”harapnya. (pry)

Exit mobile version