Yunilson: Khatam Awal untuk Mengamalkan Al-Qur’an

PAWAI TA’ARUF— Kepala Dinas Sosial Agam, Yunilson melepas peserta pawai ta’aruf Khatam Al-Qur’an, di Masjid Jami’ Pasia, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (18/4).

AGAM, METRO–Kepala Dinas Sosial Agam, Yunilson melepas peserta pawai ta’aruf Kha­tam Al-Qur’an, di Masjid Jami’ Pasia, Kecamatan Am­pek Angkek, Kamis (18/4).

Arak-arakan ini diikuti 42 santri MDTA Raudhatul Jannah Pasia yang dikhatam dan lainnya sebagai pengiring.

Yunilson mengatakan, pawai ini salah satu prosesi pelaksanaan khatam, guna memberitahu masyarakat bahwa santri MDTA Rau­dhatul Jannah Pasia sudah menyelesaikan pendidikan Al-Qur’an.

“Mereka diarak sekeliling kampung diikuti berbagai pengiring, supaya ma­syarakat tahu anak kemenakan siapa yang dikhatam,” ujarnya.

Khatam Al-Qur’an ini sejalan dengan program unggulan Bupati Agam di sektor keagamaan, bahkan menjadi warisan takbenda yang sudah diakui nasional.

“Khatam bukan akhir dari pendidikan Al-Qur’an, tapi awal untuk menjadi lebih baik dalam mengamalkannya,” kata Yunilson.

Untuk itu, dia berpesan kepada santri yang dikha­tam agar meningkatkan kemampuannya, dengan me­lan­jutkan pendidikan tahfiz.

Kini Pemkab Agam tengah gencar mengembangkan rumah tahfiz, kita harap santri bisa belajar di rumah tahfiz yang sudah ada di nagari,” katanya. (pry)

Exit mobile version