Melalui Pakkayo, Disdukcapil Terbitkan 157 Adminduk

LAYANAN KHUSUS— Disdukcapil Kabupaten Agam membuka layanan khusus yang diberi nama Pakkayo bagi perantau yang pulang kampung mulai 12, 13, dan 15 April kemaren.

AGAM, METRO–Disdukcapil Kabupaten Agam terbitkan 157 administrasi kependudukan selama Pelayanan Administrasi Kependudukan Khusus Hari Rayo (Pakkayo) tiga hari kemaren.

Kepala Disdukcapil Agam, Helton, Selasa (16/4) mengatakan, Pakkayo mulai 12, 13 dan 15 April 2024. Layanan ini terkhusus bagi perantau yang pulang kampung.

“Tiga hari pelayanan, 157 adminduk berhasil di­terbitkan dari beberapa jenis,” ujarnya.

Dari jumlah adminduk yang diterbitkan itu, KK 26 lembar, KTP-el 95 keping, akta kelahiran 23 lembar, surat pindah 6 lembar, akta kematian 1 lembar dan KIA 6 keping.

“Pelayanan lainnya se­perti perekaman KTP-el 22 layanan dan penerbitan Identitas Kependudukan Digital (IKD) 2 akun,” jelas Helton.

Penerbitan adminduk ini katanya, selain untuk perantau juga dilakukan terhadap korban bencana banjir lahar dingin di Bukik Batabuah, serta kebakaran yang terjadi didua kecamatan beberapa hari lalu.

“Khusus korban bencana diterbitkan 34 adminduk, dengan rincian KK 6 lembar, KTP 17 keping, akta kelahiran 10 lembar dan akta kematian 1 lembar,” terangnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat cukup tinggi memanfaatkan Pakkayo untuk mengurus adminduknya.

“Pelayanan dibuka di Kantor Disdukcapil di Lubuk Basung, kantor pelayanan Belakang Balok dan kantor camat seperti Ampak Ang­kek,”sebutnya. (pry)

Exit mobile version