RKPD Agam 2025 Perioritaskan 7 Agenda

AGAM, METRO–Pemerintah Kabupaten Agam melakukan Mu­sya­warah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD Tahun 2025, di Aula Kantor Bappeda Agam, Rabu (3/4). Kegiatan ini dibuka Bupati Agam, Andri Warman dan dihadiri Forkopimda, kepala OPD.

Kepala Bappeda Agam, Rahmad Laksmono mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam bersama dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan, setelah melaksanakan forum konsultasi publik, Musrenbang kecamatan, serta forum perangkat daerah.

“Di setiap tahapan, telah dilakukan pembahasan dan penajaman terhadap program, kegiatan dan sub kegiatan tahun 2025 guna memastikan dokumen perencanaan yang disusun benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Pada kesempatan ter­sebut, Rahmad Laksmono memaparkan rancangan RKPD tahun 2025. “Tema kegiatan ini adalah pembangunan berkelanjutan melalui pengembangan sektor ekonomi basis, peningkatan daya saing dan sumber daya manusia,” ujarnya.

Dikatakan, ada 7 prioritas pembangunan pada tahun 2025, diantaranya adalah penguatan birokrasi reformasi melalui implementasi SAKIP dan peningkatan tatakelola, peningkatan produktifitas dan nilai tambah usaha pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan.

Selanjutnya, peningkatan daya saing produk usaha mikro melalui kolaborasi antar sektor, peningkatan ke­pariwisataan melalui amenitas, atraksi dan aksesibilitas, peningkatan ketahanan kebencanaan me­lalui peningkatan kualitas lingkungan hidup dan infranrruktur.

Peningkatan SDM yang unggul dan berkarakter melalui peningkatan pelayanan dasar, serta penguatan gerakan nagari Madani sebagai revitalisasi ABS-SBK melalui peningkatan partisipasi masyarakat dan perantau. (pry)

Exit mobile version