Apel HAB ke-78, Bupati: Tingkatkan Semangat Pengabdian, Harmoni dan Netralitas

INSPEKTUR UPACARA— Bupati agam Andri Warman menjadi inspektur upacara dalam apel HAB ke-78, di halaman Kantor Bupati Agam, Rabu (3/1).

AGAM, METRO–Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam menggelar apel Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 di Halaman Kantor Bupati Agam, Rabu (3/1).

Apel yang diikuti seluruh jajaran Kemenag Ka­bupaten Agam ini dihadiri Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM yang sekaligus bertindak sebagai inspektur apel.

Pada apel HAB ke-78 ini, bupati membacakan ama­nat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Disampaikan, setiap tahun baru, insan Kemenag terus memiliki makna baru dan spirit ganda yang mun­cul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kemenag RI.

Spirit ganda ini harus terus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan pa­ripurna.

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kemen­terian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita dalam me­wujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” ucap bupati.

Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan lanjutnya, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan.

Di antara tugas berat itu salah satunya yakni menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” ucapnya lagi.

Selain itu sambungnya, insan Kemenag juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

“Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini.”

“Ini bermakna bahwa kita harus bersama umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujudnya adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baik­nya kepada seluruh umat beragama,” lanjutnya.

Oleh karena itu ucapnya lagi, mari wujudkan pe­layanan umat sebagai pang­gilan hati, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika ini diterapkan, maka diyakini akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak.

Pada tahun 2024 ini lanjut bupati, bangsa dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda warga negara.

Dalam kesempatan ini, pihaknya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, diharapkan dapat menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Pihaknya juga meminta ASN Kemenag untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita.

“Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik,”ujarnya. (pry)

Exit mobile version