Diikuti Pemuda dari Berbagai Negara, Putra Agam Terpilih jadi Ambassador Istambul Youth Summit 2024

MEMBANGGAKAN— Bupati Agam Andri Warman bersama Rian Rendi yang merupakan putra asli Agam yang menjadi Ambassador Istambul Youth Summit 2024.

AGAM, METRO–Putra daerah Kabupa­ten Agam Rian Rendi, me­norehkan prestasi membanggakan di tingkat Internasional.

Pemuda asal Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari ini terpilih sebagai delegasi sekaligus Ambassador Istambul Youth Summit 2024 yang digelar di Istambul, Turki.

Rian menyebut, Istambul Youth Summit 2024 merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang menghadirkan pemuda dari berbagai negara di dunia. Kegiatan ini mengusung tema Innovation and Collaboration: Unlocking Youth-driven Solutions for Sustainability.

“Saya dinyatakan lolos sebagai salah satu delegasi mewakili Indonesia setelah mengirimkan sebuah esai tentang kondisi pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Rian bercerita, ketertarikannya mengikuti kegiatan bertaraf Internasional itu untuk membuktikan bahwa pemuda di pelosok daerah juga memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dengan kegiatan dunia.

Menurutnya, pemuda di daerah boleh saja tinggal di pelosok, namun itu bukan alasan untuk me­nyampaikan pemikiran-pemikiran briliant bahkan sampai ke dunia Internasional.

“Jadi anak muda harus mendunia, meski kita tinggal di daerah, pemikiran kita tidak boleh tertinggal. Kita harus berpikiran luas untuk mengenal dunia luar,” ujarnya.

Sekilas Rian bercerita, nantinya di kegiatan tersebut akan mensyiarkan kebudayaan dan pendidikan yang ada di Indonesia. Selain itu, ia juga akan belajar banyak tentang kebudayaan negara-negara yang ada di belahan du­nia lainnya.

“Nantinya akan ada pertukaran pemahaman kebudayaan, pendidikan dan akan ada juga pengetahuan-pengetahuan lain yang akan didapat,” ka­tanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini akan berlangsung pada 4-7 Maret 2024 mendatang di Istanbul, Turki. Pada kegiatan ini, Rian sekaligus menjadi Ambassador Istambul Youth Summit 2024.

“Mungkin di Sumatera Barat hanya saya satu-satunya pemuda yang terpilih sebagai Ambassador kegiatan yang diikuti 100 delegasi di seluruh dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan putra dae­rah ini.

Menurutnya tidak banyak anak muda yang memiliki kesempatan menjadi delegasi Indonesia di kancah Internasional.

“Selamat kepada Rian. Jika nanti ada terkendala di kemudian hari, peme­rintah daerah akan mencarikan solusinya,” ujar­nya. (pry)

 

Exit mobile version