MTQ Tingkat Nagari, Beri Motivasi Anak-Anak jadi Penghafal Al Quran

FOTO BERSAMA— Bupati Agam Andri Warman menghadiri MTQ Nasional ke IV Tingkat Nagari Koto Tangah di Medan Bapaneh Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Sabtu (11/11).

AGAM, METRO–Bupati Agam, Dr Andri Warman, MM berharap para orang tua dapat memotivasi generasi muda menjadi penghafal Al Quran, salah satunya melalui acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Kita patut apresiasi dan bangga sekali apa yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Nagari Koto Tangah mengelar MTQ yang di ikuti sebanyak 173 orang,” kata bupati Agam saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke IV Tingkat Nagari Koto Tangah di Medan Bapaneh Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Sabtu (11/11) Bupati Agam

Pasalnya, dari 173 peserta MTQ ini, tambahnya, disamping mempertandingkan kategori anak-anak dan remaja, juga terdapat kategori lansia.

“Dengan adanya tingkat lansia ini, bisa memo­tivasi anak, cucu dan kemenakan kita untuk rajin membaca Al Quran,” tutur bupati.

Agar ini terwujud, kata bupati, meminta nagari-nagari untuk memperkuat bidang agama, umum dan pendidikan. Hal ini dimulai dari awal atau generasi muda sehingga mereka bisa menjadi tokoh-tokoh kabupaten Agam kedepan.

Disamping itu, pihaknya juga meminta nagari-nagari yang ada di Kabupaten Agam agar mening­katkan dan memperbanyak rumah-rumah tahfidz di wilayah tersebut.

Bahkan hal ini sangat sinkron dengan program unggulan Pemkab Agam bekerjasama dengan Kamenag, dan MUI, dalam pengembangan SDM di bidang keagamaan, serta ini sesuai dengan falsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

“Kita sangat konsen dengan pengembangan pendidikan keagamaan ini, supaya dapat melahirkan banyak generasi yang Qur’ani,” katanya. (pry)

Exit mobile version