Temuan Beras Sintetis, Erman Safar: Jangan Tergiur Beras Murah

BERIKAN LAPORAN— Pemerintah Kota Bukittinggi, meminta kepada seluruh lapisan masyarakatnya untuk memberikan laporan terkait informasi beredar dan ditemukannya beras sintetis itu di daerah setempat.

BUKITTINGGI, METRO–Pemerintah Kota Bukittinggi, meminta warga kepada seluruh lapisan masyara­katnya untuk memberikan laporan terkait informasi beredar dan ditemukannya beras sintetis itu di daerah setempat. Beras palsu berbahan plastik itu diyakini berbahaya jika dikonsumsi.

“Tentang informasi yang beredar adanya beras sintetis yang beredar di Kota Bukittinggi, kami menghimbau masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang dan waspada,” kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Rabu (4/10).

Ia menegaskan Pemkot Bukittinggi berkoordinasi dengan pihak terkait dan apapun informasi terbaru akan disampaikan kepada masyarakat

“Kita menghimbau agar masyarakat membeli beras di tempat langganan dan terpercaya, serta jangan tergiur dengan beras yang murah, selain dari program pemerintah dan lembaga resmi,” kata Wako.

Ia meminta partisipasi aktif masyarakat untuk mem­berikan laporan pengaduan jika menemukan beras yang dicurigai berbahan palsu.

“Jika menemukan beras dengan ciri-ciri mencurigakan, agar melaporkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi atau melalui kelurahan atau kecamatan, untuk nantinya kami laksanakan uji labor,” kata Wako.

Penemuan beras diduga palsu di Bukittinggi itu terungkap beberapa waktu lalu di daerah Campago Ipuh oleh seorang warga.

“Berasnya aneh berbeda dengan biasanya, terlalu putih cepat mengeras dan basi serta juga berderai,” kata Dessi (30).

Ia mengaku mengalami sakit komplikasi setelah mengkonsumsi beras diduga sintetis itu selama empat hari berturut-turut.

“Radang tenggorokan, pusing dan demam tinggi, itu yang saya rasakan selama dua pekan setelah memakan beras ini,” kata dia.

Beras yang dibeli dengan harga Rp 5 ribu per kilogram itu kemudian diperiksa langsung oleh pihak kepolisian untuk selanjutnya di cek labor. (pry)

Exit mobile version