Sekda Agam Hadiri Rapat Percepatan UHC Provinsi Sumbar

RAPAT PERCEPATAN UHC— Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. H. Edi Busti,MSi hadiri rapat Percepatan UHC Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran, Rabu (27/9).

AGAM, METRO–Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. H. Edi Busti,MSi hadiri rapat Percepatan UHC Provinsi Su­matera Barat di Auditorium Gubernuran, Rabu (27/9).

Rapat tersebut dibuka oleh Sekda Prov Sumbar Drs. Hansastri, MM untuk mewujudkan derajat kesehatan yang tinggi bagi masyarakat perlu berbagai upaya dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara terpadu dan berkesinambungan yang di­du­kung oleh sumber daya kesehatan, pengelolaan kesehatan yang diwujudkan dalam suatu Sistem Kesehatan Nasional (SKN).

Hansastri menyampaikan, program Jaminan Ke­sehatan Nasional merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan sehingga mencapai Universal Health Coverage (UHC).

“Hal ini bertujuan agar seluruh masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Disampaikan, Cakupan Kepesertaan Nasional per 1 September 93.07%, Provinsi Sumatera Barat adalah 91,12 %, dari 19 Kabupaten/Kota, terdapat 11 daerah yang sudah UHC dengan cakupan capaian UHC tertinggi adalah Pasaman yaitu 102,78 %

Kemudian, terdapat 8 daerah yang belum UHC dengan cakupan terendah Kab Solok yaitu 76,62 %.

“Dari data atas dapat kita lihat bahwa angka cakupan UHC Sumatera Barat belum dapat menyentuh cakupan kepesertaan nasional. Untuk itu, melalui rapat ini diharapkan seluruh instansi kabupaten/kota di Sumatera Barat dapat saling berkoordinasi dan bersatu dalam meningkatkan cakupan UHC yang ada,” ungkapannya.

Kepada 11 kabupaten/kota UHC, Hansastri berharap agar mempertahankan dan meningkatkan ca­kupan UHC-nya. (pry)

 

Exit mobile version