Asra Faber: Pemuda Memiliki Peran Strategi di Masa Depan

PENINGKATAN KAPASITAS— Anggota Komisi III DPRD Sumbar, Asra Faber saat membuka acara peningkatan kapasitas pemuda III, bagi 30 orang pemuda di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, 15-16 Agustus 2023 di Hotel Sultan.

BUKITTINGGI, METRO–Peran generasi muda saat ini dalam membangun khebinekaan dan persatuan nasional sangat menentukan. Kemajuan teknologi dan informasi harus menjadi nilai tambah untuk percepatan kemajuan bangsa dan penguatan nilai-nilai karakter yang menjadi kunci utama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa kedepan.

Untuk mewujudkan potensi dan peran strategi pemuda di masa depan, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Asra Faber, MM yang membuka acara peningkatan kapasitas pemuda III (Tiga) bagi 30 orang pemuda di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi selama Dua hari mulai 15-16 Agustus 2023 di Hotel Sultan, Bukittinggi, yang dilaksanakan Dispora Sumbar.

“Dengan Tema Mewujudkan Potensi dan Peran Strategi Pemuda di Masa Depan, kita berikan penguatan dalam rangka peningkatan kapasitas pemuda maka kita lakukan pelatihan selama Dua hari. Harapan kita pemuda kita memiliki ilmu yang dapat mereka terapkan di lingku­ngan masyarakat untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa,” sebut H. Asra Faber, saat membuka kegiatan, di Hotel Sultan Bukittinggi, Selasa (5/8).

Mantan Kepala Kemang, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam dan Kota Payakumbuh itu juga memberikan motivasi kepada para pemuda yang ikut pelatihan untuk berani maju dan berpikiran positif. Kemajuan teknologi, menjadi suatu peluang sekaligus tantangan bagi generasi muda saat ini. “Ini peluang besar bagi generasi mu­da, asal mau berkarya kini sudah bisa disiarkan melalui media sosial, baik untuk promosi maupun konten kreatif,” sebut Buya.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi generasi muda untuk sejajar dan memiliki kesempatan yang sama dengan generasi muda lainnya. “Meski kita tinggal dikampung, tetapi kita punya kesempatan yang sama dengan orang lain. Kalau dulu diera 80 an, di daerah saya di Koto Tangah, Kamang, itu bisa dihitung berapa orang yang jadi sarjana, kalau kini hampir tiap rumah ada sarjana,” ucap Buya mengisahkan.

Dia berharap, dengan beragam tema dan disiplin ilmu yang didapat selama pelatihan mulai peran DPRD dalam pembinaan generasi muda madani di Suma­tera Barat, kemudian Public Spea­king For Negotiation, yang disampaikan Santi Martini, dan diskusi dinamika kelompok pada hari pertama. Dan pada hari Kedua pelatihan akan diisi oleh nara sumber dengan materi kebijakan pembangunan kepemudaan dan isu-isu strategis kepemudaan di Sumatera barat, yang disampaikan Drs. Maifrizon, M.Si, (Kadispora Sumbar).

Materi berikutn ya, disampaikan oleh Kadisparpora Kabupaten Agam, terkait pemuda generasi emas 2045 memimpin perubahan positif menuju masa depan berkilau. Berikutnya, materi terkait kiprah generasi muda dalam peradaban islam disampaikan oleh H. Fachri Emil Habib, Lc DIPL, MH. “Dengan ini sangat penting, melahirkan generasi islam yang berkarakter mulia,” harap Asra Faber, didampingi Kasubag Perencanaan Dispora Sumbar, Antin Maisusanti, S.H.

Peserta pelatihan mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada Buya H Asra Faber, MM yang sudah memberikan perhatian kepada generasi muda Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi melalui pelatihan ini. “Kami sangat senang, semoga acara ini terus dilakukan Buya H. Asra Faber, sehingga anak-anak muda Agam dan Bukittinggi kedepan memiliki kapasitas dalam berbagai disiplin ilmu yang dapat diterapkan dimasyarakat,” sebutnya senang. (uus)

Exit mobile version