Wako Padangpanjang Serahkan Bantuan Perbaikan 105 RTLH, Tergetkan 97 Persen Rumah Layak Huni di Tahun 2023

SERAHKAN BANTUAN— Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran, menyerahkan secara simbolis bantuan perbaikan RTLH kepada 105 pemilik rumah yang masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah. Masing-masing penerima bantuan mendapat dana sebesar Rp20 juta.

WALI Kota Padangpanjang Fadly Amran, menyerahkan secara simbolis bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 105 pemi­lik rumah yang masuk ka­tegori masyarakat berpenghasilan rendah. Ma­sing- masing penerima ban­tuan mendapat dana sebesar Rp20 juta.

Bantuan ini merupakan program kegiatan  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Ling­kungan Hidup (Perkim LH) serta pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Kota Padangpanjang.

Bantuan diserahkan  pada kegiatan Sosialisasi Perbaikan RTLH bagi ma­syarakat berpenghasilan rendah. Fadly Amran me­nyampaikan, sejak awal kepemimpinannya pada 2018, rehab RTLH menjadi salah satu kegiatan stra­tegis Pemko. Target yang dicantumkan pada RPJMD 2018-2023, yaitu berku­rangnya jumlah RTLH se­besar 25 persen dalam 5 tahun sekitar 286 unit.

Anggaran program ini dialokasikan setiap tahun melalui APBD. Diperjuangkan juga melalui APBN dan APBD Provinsi Suma­tera Barat (Sumbar). Dari hasil evaluasi, pada 2018  teridentifikasi RTLH sebanyak 984 unit.

Namun 2022  RTLH yang tersisa 329 unit. “Terjadi penurunan 2018-2022 sebanyak 655 unit atau 66 persen. Target 2023  seluruh rumah yang ada di Kota Padang Panjang ha­rus layak huni, minimal 97,1 persen,” kata Fadly Amran.

Sementara itu Kadis Perkim LH Alvi Sena me­ngatakan, dari total nilai bantuan Rp20 juta ini, nilai bantuan bahan material Rp17,5 juta termasuk pajak. Nilai bantuan upah sebanyak Rp2,5 juta.

Adapun sosialisasi di­selenggarakan guna mem­berikan pemahaman kepada calon penerima bantuan tentang tata cara penyaluran bedah rumah nantinya.

“Harapannya, tersedianya hunian yang layak untuk ditinggali. Terlaksananya penyaluran bantuan perbaikan rumah dengan baik dan lancar sehingga tujuan dari program ini tercapai,” ujar­nya. (rmd)

Exit mobile version