Persiapan Pilkades di Tiga Kecamatan, Kapolres Ingatkan Personel

PERIKSA PASUKAN— Kapolres Sawahlunto AKPB Purwanto Hari Subekti, S.Sos saat periksa pasukan untuk persiapan Pilkades.

 

SAWAHLUNTO, METRO–Dalam apel gelar pasukan Kapolres Sawahlunto AKPB Purwanto Hari Subekti, S.Sos menyampaikan enam penekanan kepada seluruh personel Polres Sawahlunto untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Pengamanan Pilkades se­rentak tahun 2023 di wi­layah hukum Polres Sa­wahlunto saat apel gelar pasukan, Selasa (16/5).

Apel gelar pasukan tersebut berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Sawahlunto yang diikuti oleh Waka Polres Sawahlunto, Para Kabag, Kasat, Kasi, Kasubbag, Kapolsek Sejajaran dan seluruh Perwira maupun Personil Polres Sawahlunto.

“Pilkades adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa,” ucap Purwanto Hari Subekti, S.Sos dihadapan Personil Polres “Polri sebagai fungsi pemerintahan di bidang Harkamtibmas, Penegakan hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan kepada masyarakat ber­kewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib dan lancar,” ujarnya “Di Sawahlunto pelaksanaan Pilkades dilaksanakan di 3 kecamatan, 9 desa, 35  TPS yang terdiri dari Kecamatan Silungkang 3  desa, 11 TPS, Sedangkan Kecamatan Lembah Segar 2  Desa, 6 TPS dan kecamatan Talawi 4  desa, 18 TPS,” Sebut Kapolres Sawahlunto

Adapun 6 penekanan yang disampaikan Kapolres Sawahlunto yaitu, Pertama “Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama Kegiatan pengamanan, niatkan pelaksanaan tugas sebagai iba­dah kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa,” Ke­dua, laksanakan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang ber­kem­bang sehingga dapat me­lakukan langkah-langkah pencegahan yang pre­diktif. Ketiga, laksanakan tugas secara profesional, dan humanis, berikan pelaya­nan terbaik kepada ma­syarakat di mana­pun dan kapanpun sebagai wujud representasi negara ditengah masya­rakat.

Keempat, lakukan ko­ordinasi dan kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat. Kelima, do­rong para tokoh ma­sya­rakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban masya­rakat. Keenam, Mantapkan kerjasama, sinergitas, dan soliditas TNI-Polri serta para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan. (pin)

Exit mobile version