84 Siswa Madrasah Kabupaten Agam Ikuti KKPM Tingkat Sumbar

LEPAS KONTINGEN—Kasi Penmad Kemenag Agam, Edi Zalman saat melepas kontingen Madrasah Kabupaten Agam mengikuti KKPM tingkat Sumbar, Rabu (28/9).

AGAM, METRO–Sebanyak 84 orang siswa madrasah Kabupaten Agam, ikuti Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM), Tingkat Suma­tera Barat, yang digelar pada tanggal 28 September-2 Oktober 2022, di Lapangan Embarkasi Haji, Padang Pa­riaman.

Kontingen Madrasah Kabupaten Agam ini, dilepas secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, diwakili Kasi Penmad, Edi Zalman, di MTsN 1 Bukareh, Tilatang Kamang, Rabu (27/9).

Ketua Kelompok Kerja Madrasah, Al Hilal, S.Pd, menjelaskan ke 84 orang peserta ini terdiri dari 10 orang putra dan 10 orang putri dari Madrasah Ibtidaiyah.

“Untuk tingkat Tsanawiyah diikuti sebanyak 16 orang putra dan 16 orang putri. Sedangkan tingkat Madrasah Aliyah juga diikuti 16 orang putra dan 16 orang putri,” ujarnya.

Dikatakan, pada kegiatan ini nanti­nya ada beberapa perlombaan yang digelar, diantaranya yaitu untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, berupa lomba tapak perkemahan, tari kreasi dan tahfiz 1 juz.

“Dan untuk tingkat Madrasah Tsa­nawiyah, lomba PBB, hafiz 2 juz, solo song putra dan putri lagu minang serta penilaian tapak perkemahan,” jelasnya.

Sedangkan untuk tingkat Madrasah Aliyah, lomba tapak perkemahan, PBN, paduan suara, lagu mars madrasah dan hafiz 3 juz serta penanaman pohon.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, diwakili Kasi Penmad, Edi Zalman, me­ngucapkan selamat kepada kontingen yang akan mengikuti kegiatan KKPM di Padang Pariaman.

“Selamat mengikuti kegiatan ini, diharapkan kepada seluruh kontingen Agam, agar dapat menjaga kekompakan dan semangat dalam mengikuti setiap kegiatan event lomba yang akan dilaksanakan,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, bisa melahirkan generasi muda yang mempunyai kepribadian bertanggung jawab, adaptif, inovatif dan kreatif dalam menghadapi tantangan zaman.

“Karena salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menggembleng siswa untuk menjadi lebih terampil dan berkarakter kuat,” terangnya. (pry)

Exit mobile version