Pemko Bukittinggi Gelar Shalat Ied di Lapangan Kantin, Guru Besar Pascasarjana UIN IB Padang jadi Khatib

Prof. Asasriwarni

BUKITTINGGI, METRO–Kota Bukittinggi akan melaksanakan perayaan hari raya Idul Adha sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh peme­rintah yaitu pada tanggal 10 Juli 2022 atau pada hari Minggu lusa.

“Penetapan tersebut setelah hasil hisab 10 Zul­hijah 1443 H jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 dan telah di umumkan oleh pemerintah melalui Mentri Agama beberapa waktu yang lalu,”ujar Ketua Pa­nitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi Zulfikar melalui Sekretaris Sukri, Kamis (7/7).

Sukri menuturkan, un­tuk penyelenggaraan Sha­lat Idul Adha sendiri akan dilakukan di La­pa­ngan Wirabraja Kantin yang dan menurut ren­cana diisi oleh Guru besar Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Asas­riwarni sebagai Khatib.

“Sedangkan untuk Sho­lat Id dipercayakan kepada Rus­man Edi S.Ag.­M,Pd yak­ni dari Kamenag Kota Bu­kittinggi yang juga pe­nyu­luh Agam Islam Fungsional Nasional, ”se­butnya

Namun diungkapkan oleh Syukri, jika cuaca hujan, lanjut Syukri, pe­laksanaan Shalat Idul A­dha akan dipindahkan ke Masjid Al Hanif, Kodim 0304 Agam.

”Menurut rencana, sha­lat akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB, kami imbau kepada se­luruh masyarakat, untuk dapat bersama sama me­ngikuti Shalat Idul Adha 1443 H di Lapangan Kantin Bukittinggi,” katanya.

Di Kota Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya, terdapat perbedaan pe­nyelenggaraan Shalat Idul Adha tahun ini. Berbeda dengan pemerintah, Pim­pinan Pusat Muham­ma­diyah menetapkan Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada 9 Juli 2022, sama dengan di Arab Saudi.

Pimpinan Pusat Mu­hammadiyah menetapkan awal bulan Zulhijah me­ngacu pada kriteria wujud hilal, yang dinilai sudah terpenuhi karena posisi bulan di Indonesia sudah di atas ufuk pada Rabu sore (29/6) yang lalu. (pry)

Exit mobile version