Pemkab Padangpariaman Dukung Peningkatan Mutu Guru dan SDM

CENDERA MATA—Suhatri Bur terima cendera mata dari Apkasi.

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, mendukung program peningkatan mutu guru dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Padangpariaman. Atas dasar itulah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai Program Unggulan di bidang Pendidikan, yaitu Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam daerah.

Berkaitan dengan itu, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara ber­sama tim bidang pendidikan apkasi melakukan Audiensi dan Sosia­lisasi, terkait pelaksanaan program unggulan apkasi bidang pe­ningkatan mutu pendidikan dan SDM di Kabupaten Padangpariaman.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama Wakil Bupati Padangpariaman  Rahmang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rudy Repenaldi Rilis.

Sementara rombongan dari a­p­kasi dan yayasan pendidikan Adiluhung Nusantara diwakili Sakhiatulo Laoli selaku Ketua Dewan Pembina Apkasi dan mantan Bupati Nias Sumatera Utara Himmatul Hasanah  Staf ahli Apkasi bidang pendidikan, Thalaal Badru dan Aditya Surya selaku pemateri, Umi Kasa­nah sebagai sekretaris tim.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengapresiasi kedatangan Ketua Dewan Pembina Apkasi bersama rombongan. Beliau mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Padangpariaman sangat memprioritaskan pembangunan di sektor pendidikan dan peningkatan SDM aparatur di daerah. “Karena, tidak mungkin kita mencapai kesejah­tera­an ma­syarakat tanpa di­du­kung oleh kualitas pendidikan yang memadai,” ungkapnya.

Sebagaimana ka­tanya, visi dan misi dari Bupati dan Wakil Bupati yakni Padangpariaman berjaya yang  su­dah tertuang da­lam dokumen Rencana Pemba­ngunan Jangka Menengah Daerah RPJMD tahun 2021-2026.

Katanya, visi yang yang menja­dikan Padangpariaman yang unggul berkelanjutan, religius, sejah­tera dan berbudaya tersebut, tidak akan dapat terwujud tanpa didukung oleh kemajuan di bidang pendi­dikan dan peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah dae­rah.

Suhatri Bur juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan memfasilitasi program unggulan apkasi bidang pendidikan dan dapat dilaksanakan di Kabupaten Padangpariaman dalam tahun ini. “Kita akan siapkan pelaksanaan program  pe­ningkatan mutu pendidikan dan SDM pada tahun ini, apabila tidak dapat dilaksanakan karena belum diakomodir dalam APBD tahun 2022. Akan diupayakan untuk pelaksana­an program ini, di tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

Sementara menurut Ketua De­wan Pembina Apkasi  Sakhiatulo Laoli menyatakan program ini berbentuk pelatihan guru maupun SDM, yang dikemas kreatif dan inovatif untuk mendukung kecakapan guru dan SDM daerah. Agar mereka dalam mengajar menyenangkan, maupun berkomunikasi aktif berbahasa Inggris dalam berbagai ke­giatan.

“Program ini, kami pandang sangat berguna bagi daerah. Terutama untuk peningkatan kompetensi guru maupun SDM aparatur pemerintah daerah, yang pada akhir­nya dapat meningkatkan kemampuan guru maupun SDM aparatur dalam membangun daerah,” ung­kapnya.

Dikatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2011, program ini telah melatih lebih dari 160.000 guru pada 180 kabupaten di seluruh Indonesia. Dari testimoni peserta yang mengikuti program ini, mereka sa­ngat antusias dan sangat berharap program ini dapat dilaksanakan bagi guru dan SDM aparatur di seluruh negeri khususnya di Kabupaten Padangpariaman.

Usai audiensi, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan pemaparan program yang disampaikan oleh  Himmatul Hasanah bersama dua pemateri lainnya.(efa)

Exit mobile version