Dispersip Kota Bukittinggi Gelar Lomba Video Pengelolaan Perpustakaan

MERIAHKAN— Memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-237 tahun, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Bukittinggi mengadakan Lomba Video Singkat Pengelola Perpustakaan.

BUKITTINGGI, METRO–Dalam memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke -237 tahun, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Bukittinggi mengadakan Lomba Video Singkat Pengelola Perpustakaan bagi Lembaga Perpustakaan TK, SD, SMP dan SMA se- Kota Bukittinggi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Johnni melalui Kabid Pengelolaan Perpustakaan, Dwi Osviyanti didampingi Kasi Layanan Ekstensi dan Kerjasama Perpustakaan, Hendra Eka Putra menjelaskan, lomba video singkat tentang pengelolaan perpustakaan ini, diadakan selain dalam memeriahkan HJK Bukittinggi ke 237 tahun, juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi pada lembaga pendidikan dan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya. Sehingga menjadi salah satu upaya juga, untuk mencerdaskan generasi muda penerus bangsa, khususnya generasi muda Bukittinggi Hebat

“Lomba ini diikuti 32 lembaga Perpustakaan yang terdiri dari, perpustakaan TK, SD, SMP dan perpustakaan SMA. Setiap Video yang diikutkan, panitia menyiarkannya pada Channel Youtube @Dipersip Kota Bukittinggi. Sebab untuk kriteria penilaian berdasarkan jumlah like dan view terbanyak oleh para netizen. Rincian penilaian,1 like nilai nya 1 point dan 1 view nilainya 2 point,” jelas Dwi Osviyanti yang diamini Hendra Eka Putra.

Dari hasil yang ada, lanjutnya, ternyata video lomba ini sangat antusias ditonton masyarakat. Buktinya, dalam waktu 5 hari tayang, sudah memperoleh 80.000 viewer dengan subscriber sebanyak 5.500.

Sehingga ditetapkan untuk Juara I SDN 03 Pakan Kurai, dengan Kepala Sekolah Hj.Artispen, total perolehan nilai view dan like sebanyak 40.706 poin. Juara II, SDN 10 Sapiran, dengan Kepala Sekolah, Edianto, total nilai 33.016 poin. Juara III, SDN 02 Percontohan, Kepala Sekolah Sri Ramayenti, dengan total perolehan nilai 21.972 poin.

Juara harapan I, SDS Excellent Plus, Kepala Sekolah, Rika Sasriyenti, dengan total Nilai 11.162 poin. Harapan II, SDN 01 Benteng Pasar Atas, Kepala Sekolah Deswita, dengan total nilai 7.060 poin. Juara Harapan III, SDN 08 Kubu Tanjung, Kepala Sekolah Refni Milda, memperoleh nilai 6.010 poin.

Kepada para pemenang telah diserahkan Penghargaan dan hadiah uang tunai pada Malam Anugerah Penghargaan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 237 di Balai Sidang Hatta Bukittinggi, Rabu (22/12) malam. Penghargaan diserahkan lang sung oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Untuk Juara I memperoleh Piagam, Piala dan uang sebesar Rp 3.000.000, Juara II, memperoleh piagam, piala dan uang sebesar Rp 2.500.000, Juara III, memperoleh piagam, piala dan uang sebesar Rp 2.000.000.

“Untuk Juara Harapan I, juga menerima piagam, Piala dan uang sebesar Rp 1.750.000.-. Harapan II, menerima piagam, piala dan uang sebesar Rp 1.500.000.- dan harapan III, menerima piagam, Piala dan uang sebesar Rp 1.250.000,” sebut Hendra Eka Putra.

Dikatakan, kegiatan lomba ini terlaksana atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi bersama Kepala Sekolah, Pengelola Perpustakaan dan Panitia Pelaksana Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 237 tahun serta di dukung penuh oleh Bank Nagari cabang Bukittinggi, sebagai sponsor utama untuk hadiah pemenang lomba.

“Terimakasih kami ucap­kan kepada Bapak Walikota Bukittinggi dan Bank Nagari yang telah mensupport serta Para peserta dan semua pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya lomba ini,” ujar Dwi Osviyanti. (pry)

Exit mobile version