LPPM UNP Beri Pelatihan Guru SDN 03 Pakan Labuah

BUKITTINGGI,METRO
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP), menggelar seminar dan workshop Pelatihan Pengembangan Keterampilan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi guru SDN 03 Pakan Labuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Seminar dan Workshop yang berlangsung selama tiga hari itu, diikuti semua majelis guru, dengan pameteri Refiona Andika dan Sherlyane Hendri dari UNP, Ary Kiswanto Kenadi dari Universitas Samudra Aceh, dan Irsyadunas dari dan STKIP PGRI Sumbar.

Ketua Pelaksana Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Refiona Andika mengatakan, seminar dan workshop yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru-guru dalam pembelajaran jarak jauh. Sebab, di era new normal sekarang ini para guru harus bisa memaksimalkan perkembangan teknologi sebagai tempat pendidikan, proses interaksi antara peserta didik dengan guru, serta sebagai sumber untuk belajar.

Pelatihan pengembangan keterampilan pembelajaran jarak jauh bagi guru SDN 03 Pakan Labuah, berlangsung selama tiga hari penuh mulai dari Selasa (04/08) hingga Kamis (06/08). Pelatihan diawali dengan materi mendesain pembelajaran, cara melakukan penilaian pembelajaran jarak jauh, strategi pembalajaran jarak jauh dengan menggunakan Goggle Cllassroom, serta cara pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan Kinemaster.

Melalui pelatihan yang dilaksanakan, lanjut Refiona, diharapkan guru SDN 03 Pakan Labuah benar benar siap untuk Digitalisasi sekolah, yang merupakan terobosan baru dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mempermudah proses belajar mengajar.

Disamping itu, melalui pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan IT, yang sebelumnya mereka belum bisa menggunakan Kinemaster untuk membuat video pembalajaran, sekarang meraka sudah bisa. Begitu juga dengan membikin Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar. “Jika ternayata era new normal baru ini berlangsung lebih lama dari perkiraan, maka para guru sudah tidak kalang kabut lagi untuk melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Karna guru dan siswa sudah semakin mudah mengakses bahan ajar, baik itu melalui Google Classroom, Google Form, maupun Kinemaster,” ujar Refiona, Dosen PGSD FIP UNP.

Sementara, Kepala SDN 03 Pakan Labuah, Supriyati menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPPM UNP yang telah memberikan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Pembelajaran Jarak Jauh bagi guru SDN 03 Pakan Labuah. Pelatihan yang diberikan tentunya sangan bermanfaat sekali bagi majelis guru dalam memberikan bahan ajar secara daring. “LPPM UNP menawarkan SDN 03 Pakan Labuah untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan G-Suite untuk pembelajaran jarak jauh, serta pemanfaatan applikasi-applikasi Google yang bisa digunakan untukpembelajaran online. Diantaranya Google Classroom, Google Drive, Google Calender, dan aplikasi lainnya,” ujar Supriyati.

Selama pelatihan ulas Supriyati, majelis guru diberikan pemaparan materi yang disertai dengan praktek strategi pembelajaran jarak jauh, penggunaan aplikasi yang mudah dan menarik dalam pembelajaran jarak jauh, proses penilaian pada pembelajaran jarak jauh, dan mendesain pembelajaran jarak jauh di erah new normal ini. “Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, dibuka secara langsung oleh pengawas sekolah Firdaus,” jelas Supriyati. (pry)

Exit mobile version