Nusantara Expo di Pariaman Resmi Dibuka

PARIAMAN, METRO – Nusantara Expo 2019 yang digelar di Kota Pariaman, resmi dibuka Selasa (10/12) di Pantai Gandoriah. Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gandang tambua oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar beserta pejabat dari Pemprov Sumbar.
Dalam pembukaan itu dimeriahkan oleh penampilan dari marching band Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumbar, marching band Politeknik Pelayaran Sumbar, dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Sumbar.
Genius Umar mengatakan, Nusantara Expo 2019 ini akan berlangsung hingga Sabtu (14/12) nanti. Kemudian dalam kegiatan itu menampilkan beberapa hasil kerajinan dari daerah yang ada di Indonesia. “Ada pemeran hasil kerajinan seperti sepatu, baju, gantungan kunci, dan masak-masakan,” ujar Genius.
Genius menambahkan, Nusantara Expo 2019 ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Nusantara 2019 yang acara puncaknya akan dilaksanakan pada Sabtu (14/12) nanti. Kemudian, perayaan Hari Nusantara ini, merupakan peringatan terhadap deklarasi Djuanda 13 Desember 1957, yang merupakan pernyataan pemerintah Republik Indonesia mengenai wilayah perairan Indonesia.
Wilayah perairan itu sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan sehingga semua perairan yang menghubungkan daratan adalah bagian dari NKRI. (z)

Exit mobile version