Enam Pejabat Eselon II Dilantik

MENTAWAI, METRO – Enam Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (eselon II) dilantik Bupati Kabupaten kepulauan Mentawai di Aula Sekretarit Daerah Mentawai. Jl. Raya Km-5, Desa Tuapejat, kecamatan Sipora Utara. Senin (25/11)
Adapun enam Pejabat Eselon II itu adalah Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Rinaldi menjadi Kepala BKD Mentawai, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretaris Daerah, Heri Robertus menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
Selanjutnya, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pangan (DKPP), Hatisama Hura menjadi Kepala Dinas DKPP, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemungkiman (DPKP), Budi Siregar menjadi Kepala DKPP, Kepala Bidang Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR), Usman Labai menjadi Kepala Dinas Perikanan (DP) Mentawai. Seterusnya, Kepala Bagian Organisasi, Sukirman menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesehjateraan Rakyat Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Sesui Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) No.3 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah, dengan mengundang ASN, telah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka.
Menurut Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, pelantikan Eselon II ini berbeda dengan yang sebelumnya. Dimana, penilain melalui panitia seleksi sesui dengan fakta integritas.
“Prinsipnya, kompetensi pengisian eselon II di lingkup ASN adalah Strategi dibidang Kepegawain. Tujuannya untuk menghadirkan ASN mampan bukan dari segi kepangkatan saja, namun sesui dengan kemampuan manejerial,” ungkap Yudas.
Komitmen tersebut, lanjutnya, bukan hanya di Eselon II saja tetapi berlaku bagi Eselon III. Kebetulan saat ini jabatan di Eselon III ada yang kosong. “Selama ini bukan proses seperti yang dilakukan comot kian kemari untuk mengisi jabatan dan belum tentu dia mau. Jadi sekarang sistemnya bagi yang berminant silahkan mendaftar. Sehingga mereka bergairah dan Profesional bekerja,” tambahnya.
Ia menyampaikan, kepada Pejabat Eselon II yang baru dilantik agar memaknai jenjang jabatan yang dicapai dengan menjadikan tugas pokok sebagai pedoman. Sera program prioritas merupakan tanggung jawab sebagai pimpinan kepala perangkat daerah.
“Tugas pokok adalah tanggung jawab saudara sebagai Pimpinan. Untuk mencapai itu jalinlah komunikasi dan koordinasi efektif dengan seluruh pemangku kepentingan serta evaluasi itu secara berskala terhadap target dan kinerja yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (s)

Exit mobile version